Ikuti Tips Ini Agar Sahur Tak Cepat Loyo Saat Puasa

JABARNEWS | BANDUNG – Ketika ingin menjalani ibadah puasa, memilih menu makanan saat sahur sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika kita sampai salah pilih menu, tubuh akan terasa mudah lapar dan juga haus.

Selain makanan, tubuh juga perlu mengasup cairan berupa air putih yang cukup agar tak dehidrasi.

Supaya ibadah puasa lebih lancar tanpa rasa lemas, lapar dan haus, kamu bisa mengikuti beberapa tips sahur ini. Mulai dari pemilihan makanan hingga cara menyiapkannya.

Bagaimana ibadah puasa kita berjalan biasanya tergantung pada santapan ketika sahur. Karenanya sahur harus dilakukan dengan tepat. Seperti pilihlah makanan bernutrisi yang dapat membuat tubuh berenergi.

Dilansir dari Arab News (28/04) berikut 5 tips sahur supaya puasa tetap lancar.

1. Mengasup Cukup Protein

Saat sahur, salah satu asupan nutrisi yang penting adalah protein. Protein lebih rendah kalori daripada lemak. Selain itu makanan yang mengandung protein lebih membutuhkan waktu lama untuk mencerna daripada karbohidrat.

Baca Juga:  Usut Dugaan Penistaan Agama Oleh Panji Gumilang, Begini Kata Kabareskrim

Oleh karena itu, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Dengan tips sahur ini, kamu bisa memilih beberapa jenis makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, ayam, kalkun, yogurt, tahu, dan lainnya.

2. Tips Menyiapkan Makanan

Saat menyiapkan makanan untuk sahur, hindari untuk lebih awal untuk memasak makanan. Untuk lebih praktisnya, kamu bisa menyiapkan malam sebelumnya dan simpan di dalam kulkas. Lalu, kamu bisa panaskan sebentar saat sahur tiba.

Misalkan ketika membuat ayam goreng. Malam sebelumnya kamu sudah siapkan ayam yang telah diungkep dan simpan di kulkas. Lalu, saat sahur kamu hanya perlu menggorengnya saja. Menyiapkan makanan dengan bangun lebih awal akan menghabiskan waktu. Apalagi waktu sahur tidak banyak.

Baca Juga:  Ini Harapan Wagub Uu Kepada Kepala Desa

3. Pastikan Tubuh tetap Terhidrasi

Membuat tubuh untuk tetap terhidrasi adalah penting, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Karenanya saat sahur, kamu harus memilih makanan yang memiliki kadar air tinggi. Seperti mentimun, tomat, bayam, sup ayam atau lainnya.

Kadar air yang diberikan dari makanan-makanan tersebut akan menjaga cairan tubuh kamu selama berpuasa. Jika tubuh tetap terhidrasi, kamu juga akan bisa lebih lama menahan rasa lapar. Tips sahur ini bisa dilakukan dengan menghindari minum kopi. Kandungan kafein di dalamnya justru menyebabkan dehidrasi.

4. Hindari Junk Food

Tips sahur dengan menghindari junk food adalah penting untuk terhindar dari rasa lapar dan haus. Junk food biasanya diolah dengan banyak garam yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dan membuat kamu menjadi cepat haus.

Baca Juga:  Menebak-nebak Kapan Vaksin Corona yang Sedang Diuji Bisa Digunakan

Selain itu, junk food juga mengandung banyak karbohidrat dalam bentuk gula yang dapat menyebabkan kamu merasa cepat lapar dalam beberapa jam. Untuk pilihan makanan, kamu bisa memilih alpukat atau ikan laut. Kedua makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga kamu tidak akan merasa lapar.

5. Kembali Tidur

Tidak ada salahnya setelah sahur dan sholat untuk memilih kembali tidur selama beberapa jam. Tips sahur ini tergantung pada pekerjaan dan gaya hidup kamu. Bisa 2 hingga 3 jam sebelum kamu kembali beraktivitas.

Namun, sejatinya jam istirahat tambahan dapat membantu mengurangi pembakaran kalori. Selain itu, juga dapat membantu kamu merasa lebih segar, sehingga saat menjalani berpuasa tubuh tidak terasa lemas. (Red)