Live Stream Bandung 132 TV


Nasib Nelayan Saat PSBB, Tak Bisa Melaut Hingga Terpaksa Cari Hutang

Kegiatan melaut dan jual beli hasil tangkapan menjadi terhambat karena ruang perjumpaan dengan konsumen mulai dibatasi

Suasana pantai Jayanti di Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, nelayan menambatkan perahu. (Foto: Net)

JABARNEWS | CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu (6/5/2020). Langkah ini diambil guna mencegah penyebaran virus corona.

Kelompok nelayan termasuk kelompok yang paling dirugikan akibat larangan beraktivitas di luar rumah yang dikeluarkan pemerintah. Kegiatan melaut dan jual beli hasil tangkapan menjadi terhambat karena ruang perjumpaan dengan konsumen mulai dibatasi

Baca Juga:

Penasaran Seperti Apa Wajah Baru Teras Cihampelas? Datang Saja Besok

Hendak Selundupkan Pemudik, Delapan Travel Gelap Diamankan di Bogor



Ketua Kelompok Nelayan Minacempaka 1 Jojon Mulyana mengatakan, sebagian besar nelayan di Pantai Jayanti Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, terpaksa berhenti melaut dan menganggur karena paceklik ikan dan larangan beraktifitas selama penanganan cepat COVID-19 dilakukan pemerintah pusat hingga daerah.

"Sejak dua bulan terakhir 700 anggota kelompok yang dipimpinnya sudah tidak lagi melaut dan sebagian besar mendaratkan perahunya agar tidak rusak dihantam gelombang yang tinggi sejak beberapa pekan terakhir," ujarnya. Senin (11/5/2020)

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tidak sedikit yang terpaksa berhutang dengan harapan paceklik segera usai dan Corona hilang. Sedangkan belasan orang diantaranya ada yang bekerja sebagai buruh serabutan asal cukup untuk membeli beras dan lauk seadanya guna berbuka dan sahur anggota keluarganya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Nelayan Cianjur Terdampak Covid-19 PSBB Cianjur Kelompok Nelayan Minacempaka Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi