Jadikan Peluang! Ini Kesempatan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Dampak Covid-19, ini bisa menjadi menjadi kesempatan untuk menciptakan peluang usaha sendiri yang bisa dimulai di masa sulit ini.

Seperti diketahui, saat ini perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi transaksi luring.

Terbukti dari hasil riset Kantar pada Februari 2020 yang menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen karena perubahan perilaku masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga:  MUI: Kehalalan Produk Tak Bisa Deklarasi Sendiri, Termasuk Vaksin Covid-19

Berikut ini 3 tips untuk memulai dan mempertahankan bisnis UKM di tengah masa pandemi covid-19 ini.

Pertama, Inovasi produk berdasarkan kebutuhan yaitu seperti permintaan masker kain yang meningkat selama pandemi membuat banyak brand fashion pun banting setir menciptakan produk-produk yang diinginkan masyarakat.

Baca Juga:  Hilang Dua Hari, Saat Ditemukan Remaja Di Sumedang Ini Ditemukan Tewas Dengan Mulut Berbusa

Kemudian selanjutnya perhatikan standar kualitas produk, mengingat banyak toko yang tidak bisa beroperasi, manfaatkan momen dengan membuat paket ekonomis agar produk bisa bertahan.

Baca Juga:  Pantai Pangandaran Mulai Dipadati Wisatawan

Terakhir, maksimalkan layanan pengiriman hari yang sama, bisnis UKM di jalur daring dibarengi dengan kebutuhan layanan logistik. UKM dapat memanfaatkan layanan pengiriman dalam hari yang sama agar produk bisa diterima secara cepat oleh konsumen. (Red)