aqua

Tsunami PHK, Akibat Corona atau Kelalaian Negara?

Ilustrasi- Aksi buruh korban PHK. (Foto: Net)

Penulis: Kanti Rahmillah, M.Si. (Pegiat Literasi Purwakarta)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta melaporkan bahwa hampir separuh dari keseluruhan jumlah tenaga kerja di Kabupaten Purwakarta mulai terdampak oleh pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga:

Sehari Sukabumi Diguncang Gempa 3 Kali, BPBD Sarankan Ini

Gempa 3,0 SR Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami



Sekitar 23.288 pekerja dari 104 perusahaan yang mengalami dampak secara langsung maupun tidak langsung, 1.093 orang di antaranya terkena PHK. Jumlah tersebut hampir setengah dari keseluruhan tenaga kerja di Purwakarta, yakni 48.972 orang. (pikiran-rakyat.com 19/04)

Sentra Industri lain tak jauh berbeda. Bahkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mencatat jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan di tengah pandemi Covid-19 sejauh ini mencapai 7 juta orang. (cnbcindonesia.com 8/05)

Gelombang PHK telah menjadi konsekuensi atas lesunya perekonomian Indonesia. Bahkan keberadaannya telah menjelma menjadi tsunami yang tak bisa dikendalikan bahkan oleh negara adidaya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Tags : Tsunami PHK Akibat Corona Pandemi Covid-19 Kelalaian Negara Dampak Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

BNPB: Potensi Tsunami di Selatan Jawa Tinggi

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Gempa 7,4 SR Guncang Banten Berpotensi Tsunami

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi