Live Stream Bandung 132 TV


Mendagri: Pelanggar PSBB Jangan Dipidana, Tapi Berikan Sanksi Ini

Perlu ada ketegasan dari kepala daerah untuk mendisiplinkan warganya agar menggunakan masker, cuci tangan memakai sabun, dan menghindari kerumunan

Mendagri bersama Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja. (Foto: Antara)

JABARNEWS | BEKASI - Untuk membuat efek jera terhadap pelanggar kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta setiap pelanggar wajib diberi sanksi sosial. Ia beralasan cara ini untuk membuat efek jera dengan cara membuat regulasi lokal terkait pelanggaran yang dilakukan masyarakat.

"Sanksi pidana bagi pelanggar PSBB tidak akan efektif karena penerapan pasal-pasal KUHP justru akan menimbulkan persoalan baru bagi masyarakat yang kondisinya terbilang memprihatinkan di tengah pandemi COVID-19 saat ini," jelasnya.

Baca Juga:

Bunyikan Klakson Hingga Teriak-teriak, Provokator Mudik Ini Ditangkap

Ramadhan Sudah Tiga Pekan, Tito Karnavian Larang Buka Puasa Bersama



"Jadi, saya minta kepada semua kepala daerah untuk membuat aturan, seperti perda (peraturan daerah) kepada pelanggar PSBB. Jadi, masyarakat tidak diberikan sanksi pidana, tetapi sanksi sosial," imbuh Tito dalam Pengarahan dan Diskusi COVID-19 di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi di Cikarang Pusat, Selasa (12/5).

Menurut dia, aturan tersebut harus segera dibuat oleh pemerintah daerah agar masyarakat yang melanggar dalam penerapan PSBB tidak masuk ranah pidana.

"Sanksi sosial itu misalnya berupa sanksi untuk membersihkan lingkungan, disuruh push up, atau yang lainnya hingga mereka jera dan tidak kembali melanggar," ucapnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : PSBB Bodebek Pelanggaran PSBB Polres Metro Bekasi Mendagri Tito Karnavian Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Sidak Lapas Bekasi, Petugas Temukan Ponsel dan Senjata Tajam

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi