Kebahagiaan Virtual, SMA di Purwakarta Umumkan Kelulusan Via WhatsApp

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pengumuman kelulusan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cibatu dilakukan dengan mengirimkan pesan langsung lewat Whatsapp, pada Senin, 4 Mei 2020. Sebanyak 250 siswa kelas XII atau kelas III telah lulus di tahun 2020 ini.

“Kelulusan tahun ini kita melakukan secara online lewat pesan WhatsApp untuk pengumumannya. Karena sekitar 85 persen siswa yang punya handphone, dan yang punya akses internet hanya 52 persen. Untuk yang tidak punya handphone dan media untuk online, pengumuman kelulusan disampaikan melalui jasa kurir,” kata Kepala SMAN 1 Cibatu, Asep Sundu Mulyana, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga:  Jubir Covid-19: Sudah Ada 913 Pasien Yang Dinyatakan Sembuh

Ia mengatakan proses pengumuman kelulusan dilakukan secara online atau daring dan tidak ada aktivitas di sekolah. Seluruh siswa menerima pengumuman dari rumah lewat pesan WhatsApp.

“Semua siswa melihat pengumuman dari rumah melalui pesan WhatsApp, melihat hasil kelulusan dari situ. Diumumkan dari jam 08.00 WIB,” kata Sundu sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin Beberkan Alasan Kemungkinan NU dan Muhammadiyah Berbeda dalam Penetapan Idul Fitri

Menurut Sundu, nilai seluruh murid SMAN 1 Cibatu bagus-bagus dan Alhamdulillah 100 persen murid kelas XII lulus semuanya.

“Tahun ini kelulusan siswa tanpa Ujian Nasional (UN). Nilai kelulusan berdasarkan dari nilai ujian sekolah,” imbuhnya.

Secara kualitas, lanjut Sundu, kelulusan murid SMAN 1 Cibatu tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, walau siswa tidak melaksanakan UN.

Baca Juga:  Banjir dan Longsor Kepung Akses Jalan Geopark Ciletuh

“Kegiatan belajar mengajar berlangsung di tengah pandemi COVID-19, namun kami terus berikan ‘support’ kepada anak, dan anak-anak tetap berada di rumah, tidak ada aktivitas di sekolah,” pungkasnya.

Diketahui pada tahun 2020 ini sebanyak 4.897 siswa SMA Negeri dan swasta di kabupaten purwakarta, dengan rincian Jurusan : IPA = 2.460 siswa, IPS = 2.413 siswa, dan  BAHASA = 24 siswa. Dari 4.898 siswa SMA di Purwakarta, 1 siswa dinyatakan tidak lulus. (Gin)