Lima Bulan Terakhir Ini Sudah Terjadi 63 Kebakaran di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Selama bulan Januari hingga Mei 2020, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mendata sebanyak 63 kebakaran telah terjadi. Sedangkan selama Ramadhan ini terjadi sebanyak 7 kasus kebakaran

Sekretaris Diskar PB Kota Bandung, Rachmat Hidayat mengungkapkan, pada Januari terjadi 17 kasus, Februari (9 kasus), Maret (20 kasus), dan April (13 kasus).

Baca Juga:  Tinjau Banjir Sei Rampah, Ini Perintah Bupati Serdang Bedagai Soekirman

“Sedangkan Mei 4 kejadian. Total 63 kejadian,” kata Rachmat di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (13/5/2020).

Selama Ramadan ini telah terjadi 7 kejadian kebakaran yang didominasi di Kecamatan Babakan Ciparay yang disinyalir karena kawasan padat penduduk.

Menurut Rachmat, kebakaran itu prinsipnya kelalaian manusia. Mulai dari permasalahan gas seperti bocor dan tabung regulator. Juga kabel yang kurang bagus atau tidak standar.

Baca Juga:  Tahun Ajaran Baru, 45.000 Siswa Di Kota Bandung Ikuti Pembukaan MPLS

“Arus pendek karena kabel tak standar. Gas yaitu tabung regulator yang mustinya digunakan sekian kali sesuai standar, tapi terus dipakai tidak terkendali sehingga menimbukan kebakaran,” jelasnya.

Sementara itu, untuk wilayah yang tidak terjadi kebakaran sebanyak 7 wilayah di antaranya, Kecamatan Sukajadi, Cibeunying Kaler, Antapani, Cibiru, Bandung Kidul, Penyileukan dan Kecamatan Gedebage.

Baca Juga:  Mendagri Kirim SE untuk Kepala Daerah Jelang Libur Panjang, Ini Isinya

“Kita apresiasi wilayah yang ‘zero accident’ ini. Warga bisa lebih disiplin menggunakan alat listrik maupun alat rumah tangga lainnya seperti gas dan sebagainya,” tutupnya. (Rnu)