Diskar Kota Bandung Siap Bantu Pencegahan Covid-19 di Stasiun dan Bandara

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung siap membatu pelayanan di Stasiun Bandung dan Bandara Husein Sastranegara. Hal itu menyusul dengan telah kembali beroperasinya kereta api dan sejumlah penerbangan dari dan ke Kota Bandung.

“Kita siap untuk membantu dan mendukung operasional Gugus Tugas Covid-19 di sana. Di antaranya membantu satgas PT KAI dalam pelayanan kereta api luar biasa (KLB). Juga membantu satgas Angkasa Pura II Husein Sastranegara,” kata Sekretaris Diskar PB Kota Bandung, Rachmat Hidayat di Balai Kota Bandung, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga:  Jelang Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia Butuh Lima Pemain Lagi, Ini Posisi yang Dicari Shin Tae-yong

“Saat ini, untuk udara (Bandara) pembentukan satgasnya belum. Namun kita di gugus tugas kota sediakan cek poin di bandara dan stasiun,” tambahnya.

Rachmat mengatakan, untuk di Stadioun Bandung, terdapat satu keberangkatan kereta api yaitu Kereta Api Luar Biasa Bandung – Surabaya. Kereta tersebut berangkat pukul 06.15 WIB. Sedangkan kedatangan KLB Surabaya-Bandung pada pukul 18.00 WIB.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Membangun Warung Milik Warga

“tu sampai 30 Mei 2020. Untuk lokal sementara ini tidak beroperasi,” terangnya.

Rachmat mengatakan, Diskar PB memang memiliki sejumlah tugas dan fungsi di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Di antaranya menyosialiasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Kita berikan penjelasan kepada masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 ini. Warga diimbau seperti melakukan protokol kesehatan, mencuci tangan dan membersihkan diri ketika sudah bepergian,” jelasnya.

Baca Juga:  HMI Ciamis Ajak Warga Terapkan Prokes 3M

Sosialisasi lainnya, Diskar PB Kota Bandung juga menyebarkan pamflet. Termasuk memberikan bibit desinfektan dari Dinas Kesehatan Kota Bandung kepada warga Bandung oleh Satwankar PB.

“Ada juga penyemprotan desinfektan di jalan protokol dan ruang publik di sejumlah kawasan kota Bandung baik oleh tim Disakar PB maupun oleh 4 UPT di wilayah Kota Bandung. UPT tersebut di antaranya, UPT jalan Sindang Sirna, Kecamatan Andir, belakang gedung DPKP3 Caringin, juga di Ariagraha,” tutupnya. (Rnu)