Temui Bupati, Ini Permintaan Guru Honorer di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Forum Guru Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori (GTKHNK 35+) Kabupaten Ciamis menuntut kepada pemerintah agar diangkat menjadi PNS untuk perbaikan kesejahtraan.

Sejumlah guru honorer di Ciamis yang tergabung dalam GTKHNK 35+ itu telah mendatangi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Rabu (13/5/2020), meminta dukungan untuk menandatangani rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden. Supaya Presiden mengeluarkan keputusan agar para guru honorer yang usianya sudah melewati 35 tahun ini agar diangkat menjadi PNS.

Baca Juga:  Mulai Besok, Jalan Perkotaan Garut Ditutup Selama 2 Pekan

“Pemerintah Pusat harus bisa mempertimbangkan dari segi pengabdian guru yang sudah termasuk lama, bahkan ada yang sampai 15 tahun dan telah menjadi guru wali kelas di setiap sekolahnya,” ujar Ketua GTKHNK Kabupaten Ciamis, Ajat Sudrajat, saat menemui Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Ajat meminta pemerintah pusat untuk menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan PNS bagi guru tenaga kependidikan non kategori yang diatas usia 35 keatas, dengan tanpa syarat tes dan tuntutan.

Baca Juga:  Bupati Kuningan: 9 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19, Gagal AKB Deh

“Selain itu kami juga meminta pemerintahan pusat agar menganggarkan APBN untuk membayar gaji guru dan tenaga honorer usia dibawah 35 tahun dengan sesuai UMK daerah,” pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengaku akan segera membuat surat rekomendasi dari Bupati Ciamis ke Presiden agar segera dibuat Keppres tentang pengangkatan PNS untuk GTKHNK Ciamis yang berada di usia 35 keatas tanpa persyaratan tes.

“Dalam waktu kedepan, kita akan merencanakan untuk memperhatikan nasib para guru honorer setelah APBD ini pulih,” ujarnya.

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Cari Anggota Ombudsman RI 2021-2026, Berminat?

Herdiat menilai bahwa sudah selayaknya temen-teman yang tidak masuk kategori agar direkomendasikan menjadi PNS, Pemkab Ciamis siap bersama-sama mendorong dan mensupport GTKHNK Ciamis,” tuturnya. (Tny)