Kesbangpol Cirebon Gelar Sosialisasi Pembinaan Ormas

JABARNEWS | CIREBON – Seluruh ormas dan lembaga yang ada di Kabupaten Cirebon mendapatkan sosialisasi perundang-undangan bidang organisasi masyarakat tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2020, oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon yang diselenggarakan di Aula Meeting Room Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jumat (28/2/2020)

Kepala Bidang Ormas Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Komsiya mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan agar organisasi tersebut mengetahui tentang tegas fungsi peran oreantasi.

“Tadi banyak materi yang disampaikan seperti tugas, fungsi, stabilitas yang dipaparkan oleh kodim terus terkait dengan perselisihan dan pembubaran yang disampaikan oleh kejari, keterbukaan informasi keterbukaan publik oleh diskominfo dan materi yang lain juga yang disampaikan oleh akademisi UMC,” jelas Komsiya.

Baca Juga:  Ditetapkan Tersangka, Ratna Sarumpaet Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Kegiatan sosialisasi ini mendapat antusias yang tinggi dari ormas yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Ormas yang kami undang semestinya 14 (empat belas) Ormas tapi yang datang lebih banyak cukup antusias dari ormas atau lembaga yang mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Baca Juga:  Minimalisir Kecelakan, Polisi Kembali Cek Kelaikan Bus

Komisya Berharap agar organisasi tersebut dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan Anggaran Dasar Rumah Tangga dan undang undang ormas.

Sementara itu, Wahyu Efendi, Kasi Intel Kejari Cirebon, mengatakan kegiatan ini yang sangat bagus karena untuk memberi pengetahuan kepada ormas dan lembaga agar ormas dan lembaga ini dapat meningkatkan peranan kepada masyarakat, kepada bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Cirebon ini.

“Tadi banyak sekali materi yang diberikan dari masalah pertahanan negara yang disampaikan oleh intel kodim, masalah informasi keterbukaan publik dari kominfo,” jelasnya.

Baca Juga:  PSBM di Purwakarta Berakhir, 42 Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Dirinya menekankan agar ormas atau lembaga itu berjalan pada relnya dengan tujuan baik sebagaimana ormas dan lembaga itu di ciptakan.

“Ormas itu akan berperan aktif dalam pembangunan di kabupaten cirebon bukanya menghambat tapi untuk memacu ekonomi dan masalah hukum, ketertiban hukum dan keamanan di Kabupaten Cirebon,” tandas Wahyu. (Fii)