Jangan Konsumsi Sayuran Ini Jika Tak Ingin Ada Penyakit Berbahaya di Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Mengkonsumsi sayuran memang memiliki manfaat yang banyak. Namun jangan salah, meski beberapa orang memilih diet dengan memakan makanan yang seratus persen mentah yang dianggap menyehatkan.

Akan tetapi, mengkonsumi makanan organik bukan berarti kamu boleh memakan semua sayuran dan makanan mentah. Pasalnya, beberapa sayuran ternyata tidak dianjurkan untuk dimakan mentah-mentah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar 5 sayuran yang tidak boleh di makan mentah!

1. Brokoli

Brokoli, kubis Brussel, kembang kol dan anggota keluarga kubis lainnya dapat dimakan mentah oleh kebanyakan orang.

Tetapi beberapa orang memiliki masalah ketika memakannya mentah-mentah. Brokoli mengandung gula majemuk yang disebut raffinose.

Baca Juga:  Seragam Baru Satpam Mirip dengan Polisi, Ini Penjelasan Mabes Polri

Itu tidak diserap oleh tubuh dan dipecah oleh bakteri di usus besar, akibatnya, kamu akan merasa kembung dan memiliki penumpukan gas.

Untuk membuat sayuran ini lebih mudah di perut, Anda perlu memasaknya di oven. Hal itu akan membuat brokoli akan menjadi lebih mudah dikunyah dan dicerna.

2. Terong

Terong mengandung senyawa yang disebut solanine, yang dapat mengurangi penyerapan kalsium dan mengiritasi saluran pencernaan.

Dalam dosis besar dapat menyebabkan sakit perut, diare dan gejala lainnya seperti muntah, sakit kepala, mual dan pusing. Jika makan terung mentah dan merasakan gejala-gejala ini, segera cari pertolongan medis.

3. Kentang

Kentang mentah biasanya tidak beracun. Tetapi jika mereka tidak matang dan telah terkena cahaya untuk waktu yang lama, mereka mungkin mengandung jumlah yang berbahaya dari solanin.

Baca Juga:  Bersatu Lawan Covid-19, Resimen Armed 2/1 Kostrad Gelar Donor Darah

Kamu akan tahu bahwa kentang akan menjadi buruk jika mulai berubah menjadi hijau. Jangan makan secara mentah atau akan berisiko muntah, mengalami diare, sakit kepala, atau, paling buruk, kelumpuhan sistem saraf pusat.

4. Kacang Merah

Jika memakan biji mentah langsung dari tanaman, dampaknya tidak terlalu buruk, tetapi mungkin menderita mual, muntah, kram, dan sakit perut.

Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung racun alami yang dikenal sebagai lectin. Agar aman, rendam kacang di dalam air setidaknya selama lima jam sebelum merebusnya.

Baca Juga:  Berikut Cara Polda Jabar Amankan Pilkada dari Hoaks dan Kampanye Hitam

5. Tomat

Terakhir Tomat, sayuran yang juga bisa disebut buah ini memang tidak berbahaya ketika dimakan mentah-mentah.

Akan tetapi akan lebih baik jika memakannya dalam kondisi dimasak menurut studi dari Cornell University. Hal ini dikarenakan tubuh akan semakin banyak menyerap likopen dari tomat ketika dimasak.

Tomat dipanaskan selama dua menit, 15 menit, dan 30 menit, maka tingkat nutrisi secara bertahap meningkat semakin lama setelah mereka dimasak. Lycopene telah terbukti membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Nah mulai sekarang Anda bisa perhatikan konsumsi sayuran yang baik bagi tubuh. (Red)