Jangan Panik, Ini Cara Kembalikan Akun WhatsApp Saat Ponsel Hilang

JABARNEWS | BANDUNG – Kehilangan ponsel merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang. Data, kontak, serta informasi penting yang terdapat pada ponsel akan ikut hilang bersama ponsel tersebut. Belum lagi, jika ponsel tersebut jatuh pada tangan yang tak bertanggung jawab yang dapat menyalahgunakan ponsel tersebut.

Salah satu aplikasi yang sering dipasang pada ponsel adalah aplikasi perpesanan WhatsApp. Tak dipungkiri lagi, WhatsApp menjadi aplikasi berkirim pesan andalan semua orang.

Baca Juga:  Menkes: Beberapa Negara Sudah Alami Puncak dari Kasus Omicron

Berikut cara mengembalikan akun WhatsApp dan langkah yang harus dilakukan saat ponsel hilang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (14/05/2020).

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara meblokir kartu SIM. Segera hubungi penyedia layanan seluler Anda dan lakukan pemblokiran kartu SIM.

Dengan memblokir kartu SIM, orang lain tidak akan dapat melakukan verifikasi apapun yang membutuhkan akses pada kartu SIM Anda. Karena untuk melakukan proses verifikasi, ponsel harus dapat menerima SMS ataupun panggilan.

Baca Juga:  Seluruh Petugas Lapas Kelas II B Garut Dites Urine

Langkah ini tidak hanya berlaku untuk mengembalikan akun WhatsApp saja, namun sebagai langkah untuk menghentikan segala akses yang membutuhkan verifikasi nomor yang ada di ponsel tersebut.

Setelah memblokir kartu SIM, ada dua pilihan langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun WhatsApp Anda yaitu mengaktifkan WhatsApp dengan kartu SIM baru dan menonaktifkan sementara akun WhatsApp.

Hubungi operator seluler Anda untuk mendapatkan kembali akses pada nomor telepon yang hilang. Operator seluler akan memberikan kartu SIM baru dengan nomor yang sama.

Baca Juga:  Wilayah Lampung Diguncang Gempa Bumi, BMKG Beri Himbauan

Dengan begitu Anda dapat mengakses kembali akun WhatsApp Anda dan akun WhatsApp yang ada pada ponsel yang hilang akan otomatis terhapus. WhatsApp pada ponsel yang hilang tersebut juga tak dapat diakses lagi karena butuh verifikasi untuk mengaktifkannya, dan sebelumnya Anda sudah menonaktifkan nomor di ponsel tersebut. (Red)