Hore,, Laboratorium BSL-2 Mulai Beroperasi di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Labolatorium Biosafety Level (BSL) resmi beroperasi di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Kamis (14/5/2020). Laboratorium ini dapat menguji 200 sampel setiap harinya.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan Laboratorium ini dibantu tenaga ahli dari Institut Teknologi Bandung.

“Mudah-mudahan dengan adanya lab ini, 200 sampel yang akan diperiksa. Ini merupakan ikhtiar kita menyikapi penyebaran Covid-19,” kata Oded.

Baca Juga:  Aa Gym Merespons Aksi Anti-Islam di Norwegia dan Swedia

Perlu diketahui, BSL-2 yaitu laboratorium yang digunakan untuk menguji agen penyakit yang cukup potensial membahayakan petugas laboratorium dan lingkungannya.

Dengan adanya laboratorium ini, Oded juga berharap, pemetaan Covid-19 di Kota Bandung bisa semakin baik.

“Hari ini diperiksa, besok sudah ada hasilnya. Kita harap mappingnya juga cepat,” katanya.

Baca Juga:  Mobil Omprengan Merajalela, Sopir Angkot di Garut Mogok Massal

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Bandung, Rita Verita mengungkapkan, BSL-2 Kota Bandung baru memilki kesiapan menguji 5.000 sampel.

“Untuk saat ini kita targetkan untuk pandemi. Karena kita siapnya baru 5.000 dulu. Satu hari bisa memeriksa 200 sampel,” ucap Rita.

Baca Juga:  Lagi Ramai di Twitter, '3x3 Instagram' Duduki Trending Satu Indonesia

Terkait tenaga medis, Rita menyampaikan, terdapat tenaga analis labolatorium Dinkes Kota Bandung ditambah tenaga dari mahasisiwa ITB yang sudah siap untuk pelaksanaan operasional BSL-2.

“Tenaga medisnya itu kita punya analis dari labilatorium juga ditambah tenaga – tenaga dari mahasiswa ITB yang sudah siap untuk membantu pelaksanan operasional lab ini,” tutupnya. (Rnu)