aqua

Ini Rencana NASA Rancang Pesawat Cegah Tabrakan Asteroid Dengan Bumi

Pesawat itu akan di uji ketahannya dalam membelokkan dua asteroid Didymos yang akan mendekati Bumi pada 2022.

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, berencana akan meluncurkan pesawat ulang alik penghalau asteroid sebagai uji coba ketahanan dalam membelokan asteroidluar angkasa.

Lewat misi Double Asteroid Redirection Test (DART), pesawat itu akan di uji ketahannya dalam membelokkan dua asteroid Didymos yang akan mendekati Bumi pada 2022, saat keduanya melewati jarak 11 juta kilometer dari Bumi.

Baca Juga:

Besok Ada Puncak Hujan Meteor Lyrid

CNEOS: Dua Asteroid Terdeteksi Melesat Dekati Bumi



"Pesawat DART itu akan ditabrakkan dengan asteroid. Setelah menabrak, maka bakal ada hujan meteor buatan pertama di Bumi sebagai imbasnya" ujar sebuah studi yang terbit di Planetary Science Journal, dikutif dari Kumparan.com, Kamis (14/05/2020).

Dalam laporannya tersebut, Proyek NASA senilai 69 juta dolar AS itu memang dirancang untuk menabrakkan pesawat ke asteroid dengan kecepatan tinggi.

Dampak yang dihasilkan akan meledakkan materi dari permukaan asteroid. Sebagian kecil dari puing-puing asteroid ini diperkirakan bakal sampai ke Bumi dan kita dapat melihatnya sebagai hujan meteor.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Asteroid Nasa Pesawat Ulang-aling Panghalau Asteroid Proyek Nasa Jabarnews berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Dua Planet Bertabrakan di Antariksa

Astronot Inggris: Alien Ada di Bumi

Polres Garut Selidiki Pencuri Modus Pecah Kaca Nasabah Bank

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi