aqua

Lawan Covid-19, Menristek Berharap pada RAISA

Raisa akan difungsikan untuk membantu pekerjaan tenaga medis dalam perawatan pasien COVID-19 di rumah sakit.

inovasi Robot Medical Assistant ITS-UNAIR (RAISA). (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Untuk mengurangi kontak langsung antara tenaga medis dengan pasien COVID-19 pengembangan Robot Medical Assistan ITS-Unair atau yang disingkat Raisa berharap potensi penularan COVID-19 kepada tenaga medis semakin kecil dengan pengoperasian Raisa.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berkolaborasi mengembangkan robot. Sejak semula robot yang dirancang kedua perguruan tinggi kebanggaan Jawa Timur itu akan difungsikan untuk membantu pekerjaan tenaga medis dalam perawatan pasien COVID-19 di rumah sakit.

Baca Juga:

Kemenag Purwakarta Minta Masyarakat Tenang Soal Penghentian Umrah

Umroh Ditunda Karena Covid-19, Wali Kota Bandung: Jamaah Harus Sabar



Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengharapkan Robot RAISA dapat segera dimanfaatkan untuk membantu tenaga medis di sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan dalam penanganan COVID-19.

Menristek mengatakan sudah beberapa rumah sakit daerah mengirimkan surat ke pihaknya dan berkeinginan untuk dapat memanfaatkan Robot RAISA.

"Ini adalah suatu kesempatan tentunya bagi teman-teman yang mengembangkan untuk Robot RAISA ini tidak hanya dipakai saat ini di beberapa rumah sakit, di Rumah Sakit Universitas Airlangga, tapi juga bisa menjadi model untuk rumah sakit yang memang saat ini ditunjuk sebagai rumah sakit penanganan COVID-19," kata Menristek Bambang pada seminar via dalam jaringan (daring), Kamis (14/5/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Robot Raisa Menristek Covid-19 virus Corona Universitas Airlangga Iinstitut Sepuluh November Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Waduh! Wakil Menkes Ini Dinyatakan Positif Idap Covid-19

Keren, Indonesia Bakal Punya Bandara Antariksa

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi