Survey Membuktikan Profesi Wartawan Rentan Depresi Diserang Corona

Hasil Survei Unpad terungkap 45,92% wartawan mengalami gejala depresi. Selain itu, 57,14% wartawan mengalami kejenuhan umum.

Insan pers sedang melaksanakan tugas peliputan. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Di tengah seruan untuk bekerja dari rumah, sejumlah profesi masih menjalankan pekerjaannya di luar rumah. Salah satunya adalah wartawan yang meliput update pemberitaan soal Covid-19. Beberapa wartawan masih ditugaskan untuk meliput ke lokasi oleh kantor masing-masing. Beberapa awak media ada yang mengeluhkan situasi ini, meski ada juga yang menikmati bekerja di luar rumah.

Wartawan disebut sebagai pekerja yang rentan depresi. Hal ini berkaitan dengan harga dirinya, yang tak jarang merasa hebat jika dia mendapat berita yang sedang booming. Saat wartawan tersebut tidak memeroleh apa yang dia kejar akibat adanya kejadian lain yang mendadak, membuatnya jadi sulit menerima kenyataan. Itu akan mengoyak harga dirinya sehingga memicu depresi.

Baca Juga:

Video: Persib Bandung Kembali Gelar Pertandingan Uji Coba

Persib Komentari Hasil Drawing Piala Menpora 2021



Berdasarkan hasil survei persepsi diri wartawan saat pandemi COVID-19 yang dilakukan Center for Economic Development Study (CEDS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran. Pandemi COVID-19 memengaruhi kesehatan mental jurnalis.

Berdasarkan hasil survei tersebut terungkap 45,92% wartawan mengalami gejala depresi. Selain itu, 57,14% wartawan mengalami kejenuhan umum.

Demikian terungkap dalam kegiatan Best Practice Webinar Series yang digelar CEDS FEB Unpad, Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unpad bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis 14 Mei 2020.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Universitas Padjadaran Covid-19 CEDS FEB Pikiran Rakyat Mental Jurnalis Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Kantor BPN Jabar Tertimpa Pohon, Pelayanan Tetap Dibuka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi