aqua

Perangai Anti-Sains

Habibah Auni. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Habibah Auni (Mahasiswa Semester 8 Teknik Fisika UGM)

Sudah dua bulan rupanya negeri tercinta dilanda musibah akbar ini. Masih segar di ingatan kita semua, betapa dahsyatnya akselerasi wabah virus korona. Virus nakal ini berhasil membuat seluruh umat manusia kelabakan.

Baca Juga:

WHO Sebut Virus Corona Capai 1320 Kasus, Menkes: Indonesia Siaga Satu

Tingkatkan Kewaspadaan, RSUD Al Ihsan Buka Posko Coronavirus



Kemudian, virus korona mengambil alih dunia, dengan mengendalikan segala gerak-gerik manusia. Manusia yang dahulu memimpin peradaban manusia, sekarang beralih menjadi pihak yang disubordinasi oleh makhluk lain. Manusia diturunkan kedudukannya dalam segi ekonomi, kesehatan, dan politik. Tentu transformasi kondisi ini membuat manusia tidak nyaman Kalau manusia mau memimpin dunia lagi, manusia harus mencari berbagai cara menaklukkan virus korona agar virus ini mau tunduk kepada mereka.

Beberapa negara tercatat berhasil membalikkan keadaan yang sangat mencekam ini. Negara-negara tersebut di antaranya adalah Korea Selatan, Austria, Jerman, Taiwan, dan Selandia Baru. Baru-baru ini Jerman dan Selandia Baru memperbolehkan warganya beraktivitas di lingkungan luar. Austria, sudah kembali membuka pusat perbelanjaan mulai. Taiwan dan Korea Selatan bahkan berhasil mencegah masuknya virus korona.

Kunci keberhasilan kelima negara ini terletak pada penggunaan sains dalam menanggulangi penyebaran virus korona. Hal ini bisa dilihat dari kegesitan pemerintah kelima negara ini dalam merespon wabah. Selain itu, kebijakan yang dibuat juga sangat tegas. Mereka meyakini bahwa solidaritas dan kesehatan menjadi garda utama dalam menuntaskan pandemi. Maka dari itu, setiap langkah kelima pimpinan negara ini dalam menanggulangi pandemi mengacu pada metode ilmiah atau sains.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Virus Corona Covid-19 Peradaban Manusia PSBB Vaksin Corona Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 52 Orang

Berada di Garis Depan Wabah Virus Corona, Dokter Ini Meninggal

Viral Video Warga Berjatuhan Diduga Kena Virus Corona

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi