MUI Jabar Desak Kajian Zona Aman Pemerintah, Ini Sebabnya

Hasil kajian tersebut akan berdampak pada tata laksana salat Idul Fitri 1441 H.

Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Pemerintah, utamanya Kementerian Agama (Kemenag), tak membakukan ketentuan apakah salat Idul Fitri dilarang dilakukan di masjid/lapangan atau tidak di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Sejauh ini diketahui hanya imbauan kepada masyarakat agar salat pada 1 Syawal 1441 H nanti dilakukan di rumah.

Di satu sisi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat telah mengeluarkan fatwa bahwa untuk daerah-daerah dengan tingkat paparan corona tinggi hukumnya boleh melaksanakan salat Idul Fitri di rumah.

Baca Juga:

MUI dan Tokoh Agama di Purwakarta Tolak Ajakan People Power

MUI Purwakarta: Perbedaan Pilihan Politik Jangan Timbulkan Pertentangan



Menyikapi hal tersebut, MUI Provinsi Jawa Barat pun berharap pemerintah segera melakukan kajian sekaligus menerbitkan wilayah mana saja yang terkendali virus corona (Covid-19). Hasil kajian tersebut akan berdampak pada tata laksana salat Idul Fitri 1441 H.


"Kami dari MUI berharap pemerintah segera melakukan kajian dan mengumumkan wilayah mana saja yang terkendali, sehingga masyarakat tenang dan tidak kebingungan untuk mengetahui boleh atau tidaknya melaksanakan salat Idul Fitri di lapangan, masjid," kata Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei dalam jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (14/5/2020).

Rahmat menyatakan salah Idul Fitri dapat dilaksanakan berjamaah maupun sendiri (munfarid) di tengah pandemi virus corona. Itu merujuk pada Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Majelis Ulama Indonesia MUI MUI Jabar Zona Aman Salat Idul Fitri Pandemi Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Pemilih Vs Golput

MUI Tidak Pernah Menerbitkan Fatwa Golput

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi