Mengenal Famotidine, Obat yang Diklaim Dapat Sembuhkan Pasien Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga kesehatan global berlomba untuk mengembangkan vaksin, tes, dan obat yang aman dan efektif untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati COVID-19, penyakit yang telah menginfeksi lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa famotidine, bahan aktif dalam obat antasid yang biasa digunakan untuk menetralisir asam lambung disebut dapat meningkatkan peluang pemulihan pasien Corona.

Para peneliti sedang berusaha mencari tahu apakah senyawa aktif yang ada di dalam obat maag yaitu famotidine dan Pepcid yang berfungsi menghambat COVID-19.

Dikutip dari Cleveland, studi ini mengamati 1.620 pasien yang dirawat di rumah sakit dengan virus Corona COVID-19 dari 25 Februari hingga 13 April lalu. Ditemukan penurunan 58 persen dalam kebutuhan untuk intubasi di antara 84 pasien yang telah menggunakan famotidine selama 24 jam dirawat di rumah sakit.

Baca Juga:  Penandatanganan PSO, Kemenhub Minta Layanan Publik Ditingkatkan

Studi ‘retrospektif’ yang diterbitkan tanpa peer review ini mendasarkan temuan mereka pada tinjauan rekam medis. Oleh karena itu peneliti tidak dapat mengendalikan beberapa faktor yang berpotensi meringankan.

Yasir Tarabichi, seorang ahli pulmonologi MetroHealth, mengatakan bukti yang dikumpulkan sejauh ini tentang famotidine menarik dan perlu penelitian lebih lanjut.

“Ini benar-benar layak untuk dipelajari,” kata Yasir.

Pemodelan telah menunjukkan bahwa famotidine mungkin mengikat dan mengganggu protein yang dihasilkan oleh virus Corona, menghambat kemampuan virus untuk masuk ke dalam sel dan bereplikasi.

Baca Juga:  Local Media Summit 2023 Digelar Oktober, AI dan Pendanaan Investor Global Jadi Sorotan

“Jarang dalam kedokteran melakukan sesuatu yang menyebabkan pengurangan kematian atau kebutuhan untuk intubasi pada tingkat di atas 50 persen. Ketika mempelajari intervensi yang ‘jelas bermanfaat’, 10 persen membuat para peneliti bersemangat,” lanjutnya.

dr Adarsh Bhimraj, seorang spesialis penyakit menular di Klinik Cleveland, mengatakan tidak terlalu peduli soal temuan tingkat keberhasilan yang tinggi dalam penelitian tersebut. Ia perlu melihat hasil uji klinis acak terkontrol sebelum mengambil kesimpulan.

“Saya terkejut dengan hasilnya,” kata Bhimraj, yang adalah ketua panel pedoman Covid-19 dari Masyarakat Penyakit Menular Amerika.

Baca Juga:  Jokowi: Lonjakan Covid-19 di Sejumlah Negara, Ingatkan Kita untuk Waspada

“Saya berharap, tetapi pada saat yang sama saya pikir kita harus skeptis dengan cara yang berpendidikan,” kata Bhimraj.

Diketahui, Famotidine termasuk dalam kelas obat yang disebut H2 blocker, dan ia bekerja dengan mengurangi jumlah asam yang dibuat dalam lambung, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS.

Resep famotidine biasanya digunakan untuk mengobati bisul di perut, penyakit gastroesophageal reflux, dan kondisi di mana perut menghasilkan terlalu banyak asam. Obat ini lebih akrab dengan famotidine yang dijual bebas, yang digunakan untuk mencegah atau mengobati mulas karena gangguan pencernaan asam dan perut asam. (Red)