Sapma PP Cirebon Gelar Aksi Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

JABARNEWS | CIREBON – Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) Komisariat Pangenan, melakukan bakti sosial dengan gerakan peduli lingkungan di Blok Pahing Desa Pengarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Zaenudin Ketua Penggerak Peduli Lingkungan menyampaikan, kegiatan SAPMA PP dengan membersihkan lingkungan sungai pengarengan dari pencemaran sampah. Jumat (20/3/2020)

“Kami awalnya di mulai bulan januari dengan gerakan peduli lingkungan, terutama sampah yang menjadi masalah sangat krusial dimana-mana. Bahaya dari membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke sungai akan mengakibatkan banjir, kalau dibiarkan saja akan menjadi gunungan sampah,” katanya.

Aksi bersih-bersih lingkungan untuk membangun dan mengedukasi ke masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga alam serta lingkungan.

“Makanya kita melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, siapa lagi kalau tidak kita sendiri yang perduli dengan lingkungan sekitar,” ucapnya.

Zaenudin menambahkan, gerakan bersih-bersih lingkungan ini agar para generasi muda zaman sekarang memiliki kegiatan positif agar memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Kami tidak pernah memaksakan siapapun untuk ikut bergabung bersama kami karena konsep kami dari awal adalah keikhlasan dan mengisi kegiatan positif di waktu luang,” paparnya.

Kegiatan ini diharpakan dapat mengedukasi kepada masyarakat setempat agar tidak membuang sampah di sungai lagi dan menjaga lingkungan tetap bersih.

“Kedepan semoga kami bisa bersinergi dengan intansi terkait khususnya Dinas Lingkungan Hidup (LH) karena kami mengalami kesulitan armada untuk mengangkut atau membuang sampah kelokasi TPA Sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wahid Kepala RW 03 Blok Pahing, mengapresiasi kegiatan para Sapma PP karena di zaman sekarang pemuda jarang sekali peduli dengan lingkungan.

“Kegiatan yang patut di apreasikan dan patut di contoh oleh warga masyarakat karena gerakan sosial yang positif untuk bersih-bersih lingkungan sekitar yang dilakukan oleh para pemuda sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” ungkapnya. (Fii)