Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri Digelar 22 Mei 2020

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat penetapan awal bulan Syawal dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari Jumat (22/5/2020). Sidang dilakukan secara terbatas karena pandemi virus corona (Covid-19).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim mengatakan sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Baca Juga:  Bejat.. Seorang Ayah Tega Gauli Anak Tiri Hingga 10 Kali

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Agus melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/5/2020).

Agus menerangkan Kemenag mengundang para tokoh dari berbagai ormas Islam. Namun para tokoh kali ini diminta hadir secara virtual melalui aplikasi pertemuan daring.

Baca Juga:  Keren.. Kampung Madu Kini Ada di Kota Bandung Loh

Dia mengatakan sidang isbat akan ditayangkan sejak pukul 17.00 WIB melalui TVRI. Sidang juga akan disiarkan langsung lewat berbagai media sosial milik Kemenag.

Rencananya Kemenag akan mempertimbangkan penentuan Hari Raya Idul Fitri 1441 H menggunakan rukyatul hilal. Hilal akan dipantau di 80 titik yang tersebar di 34 provinsi.

Baca Juga:  Warga Subang Tanyakan Izin Pembangunan Wisata di Kebun Teh dan Desa Ciater

“Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya. Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan rukyatul hilal,” jelas Agus. (Red)