Singkatan Populer: WC, BH, OK, Tahu Kepanjangannya?

JABARNEWS | BANDUNG – Tidak sedikit orang mengira singkatan merupakan sebuah “kata”, tanpa diketahui ternyata singkatan memiliki kepanjangan dan arti tersendiri.

Singkatan-singkatan tersebut kadang pula seorang mengabaikannya, bahkan kebanyakan orang ada yang asal menyebut tanpa mengetahui kepanjangan dari singkatan tersebut.

Berikut ini arti dari singkatan yang sering kita dengar dilansir dari beberapa sumber yang memiliki singkatan yang penting.

Pertama, singkatan dari WC. Bukan hal yang asing lagi bagi semua orang ketika mendengar kata yang satu ini. Semua orang tentu mengetahui apa itu WC dan kegunaannya. Tetapi mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui kepanjangan dari WC tersebut. WC merupakan singkatan dari Water Closet, yang artinya tempat khusus untuk buang air besar.



Kedua, singkatan dari BH.
Tentu banyak orang yang telah mengetahui apa kegunaan dan bentuk dari BH. Tetapi mungkin hanya sedikit yang orang yang mengetahui apa kepanjangan dari BH. BH merupakan singkatan dari Buste Hounder, Bahasa Belanda yang memiliki arti penyangga payudara.

Baca Juga:  Bojan Berharap Gol Kemarin Bukan Yang Terakhir

Ketiga, singkatan dari NB. Beberapa orang sering menuliskan NB di akhir catatan mereka. Tetapi ada pula yang tidak mengetahui apa maksud dari NB tersebut. NB merupakan singkatan dari Nota Bene, Bahasa Belanda yang memiliki arti tambahan pada akhir surat.



Keempat singkatan dari VIP.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu sering mendengar atau melihat tulisan “VIP” dalam sebuah acara. Acara bertuliskan “VIP” pada umumnya merupakan acara yang penting. Tetapi beberapa orang mungkin belum mengetahui singkatan dari VIP.

Baca Juga:  Ilmuan Sebut Nikotin Bisa Jadi Obat Corona, Apa Benar?

VIP merupakan singkatan dari Very Important Person, yang artinya hanya untuk orang penting atau hanya untuk kalangan pejabat.

Kelima singkatan dari OK. Banyak orang yang sering menuliskan ‘OK’ dalam pesan. Tetapi mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa singkatan dari OK. OK merupakan singkatan dari ‘Oll Korrect’.

Pada awalnya di tahun 1830-an, Amerika sedang booming bahasa plesetan. Sehingga kata “All Correct” sering ditulis menjadi “Oll Korrect” atau biasa disingkat OK.

Ke Enam singkatan dari HVS. Mendengar ‘HVS’ tentu kita akan teringat dengar kertas ‘HVS’. HVS pun tentu memiliki kepanjangan. HVS merupakan singkatan dari Bahasa Belanda ‘Hout Vrij Schrift’ yang artinya kertas untuk buku tulis.

Ketujuh singkatan dari LASER. LASER tentu sering didengar oleh banyak orang. Banyak orang yang mengira LASER adalah sebuah kata. Tetapi sebenarnya, LASER merupakan sebuah singkatan, yaitu ‘Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation’.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Datangi Lokasi Jembatan Ambruk

Singkatan tersebut memiliki arti sinar yang dapat menembus benda-benda keras sekalipun.

Kedelapan singkatan dari ROBOT. ROBOT tentu sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Entah di film, maupun di berita teknologi.

Banyak orang yang mengira ROBOT merupakan sebuah kata. Tetapi, sebenarnya ROBOT merupakan sebuah singkatan dari Residents Official Board of Technology, yang memiliki arti teknologi mesin bergerak yang dapat diperintah.

Kesembilan singkatan dari NN. Banyak orang yang mengira ‘NN’ singkatan dari ‘no name’ atau ‘anonim’. Tetapi, sebenarnya ‘NN’ merupakan singkatan dari bahasa latin ‘Nomen Nescio’ yang artinya tanpa menyebutkan nama. (Red)