Cegah Oplosan Daging Celeng, Pemkot Bogor Sidak Pasar, Ini Temuannya

JABARNEWS | BOGOR – Tim Satgas Pangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) menjelang Idul Fitri tahun 2020. Dalam sidak tersebut memastikan tidak ada daging sapi oplosan dengan daging celeng di dua pasar besar di Kota Bogor setelah

Dalam sidak itu, para petugas tampak mendatangi Pasar Bogor dan Pasar Anyar di Kota Bogor, Jawa Barat. Para petugas langsung mendatangi kios para penjual daging sapi saat tiba di kedua pasar tersebut.

Baca Juga:  Menkes Budi Sebut KLB Difteri di Garut Karena Dampak Keterlambatan Imunisasi Selama Pandemi Covid-19

“Sesuai perintah wali kota, guna menjamin ketersediaan pangan, keamanan pangan, sekaligus kehalalan pangan di Kota Bogor, kami telah melakukan supervisi sidak ke dua pasar besar di Kota Bogor pada dini hari,” Kata Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, selaku Ketua Tim Satgas Pangan Kota Bogor, melalui pernyataan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).

Menurut Ade Sarip, pada pelaksanaan sidak tersebut Tim Satgas melakukan pengujian terhadap daging sapi yang dijual para pedagang di kedua pasar besar tersebut, dan hasil pengujian memberikan hasil yang sama, yakni murni daging dan tidak ada oplosan dengan daging celeng.

Baca Juga:  Dara Cantik Ini Beri Alasan Aktif Di Pecinta Alam Hingga Jadi Ketum Gemapala

“Dari hasil supervisi sidak ke kedua pasar di Kota Bogor, semua pedagang menjual daging sapi murni, tidak ada yang oplosan. Alhamdulillah penjualan daging sapi di Kota Bogor, tidak ditemukan daging sapi oplosan,” kata Ade .

Baca Juga:  Sejumlah Pejabat Pemkab Bogor Perebutkan Enam Kursi Eselon II B

Menurut dia, Tim Satgas Pangan Kota Bogor masih akan melakukan sidak penjualan daging sapi di pasar tradisional lainnya di Kota Bogor. “Kami sudah sidak di dua pasar besar di Kota Bogor, semuanya aman,” katanya.

Tim Satgas Pangan Pemkot Bogor yang melakukan sidak antara lain dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kesehatan (Dinkes), di samping personel dari Polresta Bogor Kota. (Red)