Bersiaplah! Ketimbang Mudik Mending Silaturahmi Digital Saja

JABARNEWS | BANDUNG – Ramadhan dan Idul Fitri memang menjadi momen paling penting bagi kaum muslimin. Karena di har berbahagia tersebut keceriaan akan tumpah ruah dengan keluarga, saudara, dan kerabat.

Hanya saja, tahun ini akan terasa berbeda karena masyarakat diharuskan untuk tetap berada di rumah mematuhi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Momen lebaran tahun ini menjadi yang paling mengharu biru bagi sebagian warga penduduk Indonesia pada umumnya. Betapa tidak, hari yang seharusnya ceria menjadi kelam karena saat ini dunia tengah mengalami masa-masa sulit karena adanya Covid-19.

Meski begitu, Anda tidak akan kehilangan momen Lebaran dengan memanfaatkan teknologi. Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441H, ada baiknya untuk menyiapkan diri dan mengetahui cara bersilaturahim lewat dunia digital.

Berikut sejumlah aplikasi dan layanan digital yang dirangkum untuk dapat dimanfaatkan menjelang dan pada saat Hari Kemenangan tiba.

1. Aplikasi kartu ucapan Lebaran

Kartu Lebaran umumnya dikirimkan kepada relasi, teman dan sanak-saudara menjelang Lebaran. Pengiriman kartu lebaran melalui kantor pos biasanya mulai ramai dua pekan sebelum Lebaran. Pada saat PSBB seperti sekarang ini, Anda dapat memanfaatkan kartu lebaran digital.

Anda mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan beberapa aplikasi. Anda dapat menggunakan kata kunci “Lebaran” untuk mencari aplikasi-aplikasi tersebut di Play Store. Dari pantauan Antara, setidaknya ada empat aplikasi Kartu Ucapan Lebaran.

Baca Juga:  PLN Borong 12 Penghargaan di BCOMSS 2024, Erick Thohir Dorong Semua Perusahaan BUMN Terapkan Ini

Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya menghadirkan template ucapan Lebaran, dengan frame berhiaskan gambar masjid, beduk dan ketupat. Anda dapat menyisipkan foto dalam kartu tersebut, dan menghiasnya dengan teks serta ikon yang telah tersedia.

Aplikasi kartu ucapan Lebaran ini bisa jadi alternatif kartu ucapan Lebaran yang biasa dikirim secara konvensional. Kartu ucapan Lebaran ini cocok dikirimkan lewat Facebook, Twitter, WhatsApp atau Twitter.

2. Stiker/GIF

Jika kartu ucapan Lebaran dirasa kaku, Anda bisa menggunakan cara lainnya untuk bersilaturahmi adalah saling berkirim stiker maupun GIF di aplikasi pesan instan atau di media sosial.

Salah satunya, lewat Instagram, Anda dapat memanfaatkan GIF yang tersedia. Tinggal ambil atau pilih foto atau video yang diinginkan, kemudian klik ikon GIF. Setelah itu, ketik “lebaran” atau “Idul Fitri” pada kolom pencarian, untuk mendapatkan GIF dengan tema tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat mengunggahnya di Instagram untuk konten Stories dengan menyertakan akun teman-teman Anda. Atau, Anda menyimpannya untuk kemudian dibagikan pada obrolan grup dalam platform instan atau dikirim secara personal.

Selan itu, Anda dapat memanfaatkan stiker di WhatsApp untuk bersilaturahmi. Jika stiker di WhatsApp dirasa kurang bertema Lebaran, Anda dapat mengunduh aplikasi stiker khusus bertema Lebaran di Play Store.

Baca Juga:  Sosialisasi New Normal, Petugas Gabungan: Masih Banyak Warga yang Acuh

Ada aplikasi “Stiker Lebaran Idul Fitri 2020” yang dikembangkan oleh Molehoy. Ada pula aplikasi “Stiker Puasa, Lebaran dan Muslimah” yang dikembangkan oleh Jaya Perkasa Abadi.

3. Panggilan video

Tidak ada yang menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara tatap muka. Meski saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung, Anda dapat melakukannya secara virtual dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi dan layanan dari perusahaan teknologi.

Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang-orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona, yang tentunya dapat dimanfaatkan saat Lebaran.

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi adalah WhatsApp, karena mudah digunakan dan relatif semua orang memiliki aplikasi tersebut. Facebook telah memperbarui jumlah peserta WhatsApp yakni 8 orang, sehingga dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

Jika Anda ingin bersilaturahmi dengan keluarga besar, maka Google Duo bisa menjadi alternatif. Google bulan lalu bahkan telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan videonya dari delapan menjadi 12 orang.

Hal lain yang menjadi nilai tambah untuk Duo, tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya, karena sebagian besar pengguna ponsel Android memiliki akun Google, dan aplikasi Duo biasanya juga terinstal pada perangkat Android, sehingga tidak perlu repot untuk mengunduh.

Baca Juga:  Kantor DPRD Jabar Didatangi Aliansi Pedagang se-Kota Bandung, Ini yang Terjadi

Namun, jika Anda ingin bersilaturahmi dengan lebih banyak orang sekaligus,misalnya teman sekelas atau rekan kerja satu divisi, Anda dapat menggunakan Messenger Rooms milik Facebook, memungkinkan Anda membuat ruang untuk menyelenggarakan panggilan video gratis yang dapat menampung hingga 50 orang tanpa batas waktu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi konferensi video Zoom, namun perlu diingat bahwa batas untuk panggilan grup hanya 40 menit. Untuk membuat ruang percakapan di Zoom cukup mudah, Anda dapat mengunduh aplikasi Zoom, daftar masuk, kemudian pada fitur Meetings Anda dapat dengan mudah mengirimkan undangan dan memulai pertemuan.

Namun, untuk urusan silaturahmi, bersenda gurau hingga bernostalgia dengan para kerabat yang jauh di kampung halaman, rasanya tidak harus menjadi hal yang menyulitkan. Terlebih di era digital saat ini.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk sekadar temu kangen. Bisa dengan bertelpon, berkirim pesan singkat via aplikasi chatting, bahkan langsung bertatap muka menggunakan layanan video call yang saat ini tengah menjadi tren baru selama masa pandemi. (Red)