aqua

LIPI Akan Uji Klinik Kandidat Imunomodulator Herbal Asli Indonesia

Ada dua produk imunomodulator yang sedang dikembangkan,

Seorang peniliti melakukan uji lab imunomodulator herbal untuk penyembuhan pasien Covid-19. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melakukan uji klinik kandidat imunomodulator herbal, obat peningkat kekebalan tubuh yang terbuat dari kombinasi tanaman herbal asli Indonesia, pada 90 pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Jakarta.

Peneliti LIPI Masteria Yunovilsa Putra mengatakan bahwa ada dua produk imunomodulator yang sedang dikembangkan, yakni produk berbahan jamur cordyceps (Cordyceps militaris) serta produk yang dibuat dari ekstrak jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var. rubrum Rosc.), meniran (Phylanthus niruri), sambiloto (Andrographis paniculata), dan sembung (Blumea balsamifera).

Baca Juga:

Tumbuhkan Perdamaian Dunia, China Tawarkan Beasiswa untuk Santri Indonesia

Operasi Gabungan Imigrasi Karawang Sasar WNA di Purwakarta



"Uji klinik difokuskan pada pasien pneumonia ringan yang mana sistem imun masih ada yang bisa melawan SARS-CoV-2, dan dengan bahan herbal ini kita bisa meningkatkan sistem imun," ujar Masteria Yunovilsa Putra selaku koordinator penelitian dan pengembangan imunomodulator dari bahan herbal untuk penanganan COVID-19 dalam seminar daring di Jakarta, Senin (18/05/2020)

Ia mengatakan, berdasarkan kajian yang dikerjakan, kedua produk ini mempunyai sifat imunomodulator yakni meningkatkan sistem imun.

Ia menjelaskan bahwa jamur cordyceps mengandung senyawa aktif cordycepin, adenosine, dan polisakarida. Cordycepin bisa menjadi antiinflamasi dan antivirus, adenosine berpotensi menjadi antivirus dan memiliki aktivitas anti-aritmia, dan polisakarida memiliki aktivitas imunomodulator, antioksidan, anti-tumor dan anti-aging.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : LIPI Uki Klinik Obat Herbal Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Wow.. PT Pindad Produksi Tank Pemadam Kebakaran Hutan

Kang Emil Usul Bentuk Forum Komunikasi APPSI ke Pemerintah Pusat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi