Resmi Gantung Raket, Ini Sederet Prestasi Tontowi Ahmad

JABARNEWS | BANDUNG – Pemain ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad, menyatakan diri pensiun dari dunia bulu tangkis profesional. Tontowi Ahmad yang kini berusia 32 tahun menyatakan menggantung raket yang selama ini ia tekuni dan telah membesarkan namanya di kancah nasional maupun internasional.

Owi sudah mengenal bulutangkis sejak umur 8 tahun. Pada 2005, dia bergabung dengan PB Djarum, Kudus. Puncak karier Owi diraih sejak dipasangkan dengan Liliyana Natsir sejak 2010. Banyak gelar bergengsi pernah diraih oleh Owi bersama Butet.

Owi/Butet menjadi satu-satunya wakil Indonesia peraih medali emas Olimpiade 2016 di Brasil. Mereka menyabetnya di nomor ganda campuran bulutangkis.

Sementara di Kejuararaan Dunia Bulutangkis, Owi/Butet meraih dua medali emas. Mereka menempati podium teratas pada 2013 dan 2017. Ada lagi, Owi/Butet memenangi Kejuaraan Bulutangkis Asia 2015.

Baca Juga:  Bising Kegaduhan Pajak Hiburan Naik! Luhut Binsar Pandjaitan Turun Tangan, Minta Batalkan?

Sementara di ajang BWF Super Series, Owi dan Butet bisa mempersembahkan 16 gelar juara. Owi/Butet menjadi ganda campuran Indonesia yang mengakhiri puasa gelar selama 33 tahun di ajang All England nomor tersebut pada 2012.

Owi/Butet menambah catatan emas itu dengan dua gelar di perhelatan dua tahun berikutnya, mencatatkan hat-trick All England. Deretan itu masih ditambah dengan 10 gelar juara BWF Grand Prix yang dicatatkan oleh Owi selama berpasangan dengan Butet.

Pernyataan mundur pemain yang akrab dipanggil Owi ini disampaikan melalui akun media sosial resminya @tontowiahmad_ pada Senin (18/5/2020).

“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna, kadang susah kadang senang tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, dimana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan. memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini. tapi apapun yang terjadi saya saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini. saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karir saya di bukutangkis selama ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu. dan sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain ???????? #goodbye #retired #athlete#lifemustgoon???? #thanksforallthesupport,” tulis Owi.

Baca Juga:  Kasus COVID-19 di Sukabumi Diwarnai oleh Kemunculan Klaster Wartawan

Bagi penggemar bulu tangkis, kehebatan Owi sudah tidak diragukan lagi. Sederet prestasi mampu dipersembahkan untuk Indonesia, apalagi saat berpasangan dengan Liliyana Natsir yang sudah menyatakan pensiun lebih dahulu.

Baca Juga:  Di Tempat Ini, Beruk Jenis Kera Ekor Pendek Disekolahkan

Bersama dengan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad berhasil mencapai puncak kesuksesan tertinggi dengan meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, menjadi Juara Dunia dua kali dan meraih medali perak di Asian Games serta gelar-gelar Super Series lainnya.

Daftar Prestasi Tontowi Ahmad

– Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017

– Emas Ganda Campuran Bulutangkis Olimpiade 2016

– Emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2015

– Emas Kejuaraan Dunia Bulitangkis 2013

– Emas Ganda Campuran SEA Games 2011

– Emas Beregu Putra Bulutangkis SEA Games 2011

– 16 Gelar Juara BWF Series

– 10 Gelar Juara BWF Grand Prix (Red)