aqua

Ingat, Libur Lebaran 2020 Cuma Dua Hari, Ini Sebabnya

Empat hari cuti lainnya digeser ke akhir tahun 2020.

Ilustrasi Kalender. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pandemi Virus Corona (Covid-19) membuat jadwal libur lebaran pun hanya menyisakan dua hari. Empat hari cuti lainnya digeser ke akhir tahun 2020. Pada akhir tahun 2019, pemerintah sudah menetapkan jadwal cuti lebaran 2020, yakni pada 26-29 Mei. Presiden Jokowi kemudian mengumumkan kasus pertama dan kedua Covid-19, pada awal Maret 2020.

Hal ini mulai memberi perubahan dalam kebijakan pemerintah yang berdampak kepada warga. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara bertahap diterapkan di beberapa wilayah. Kegiatan masyarakat, termasuk perekonomian, dibatasi. Warga pun diminta untuk bekerja dari rumah (work from home) kecuali untuk sektor-sektor usaha tertentu. Sebelum memasuki bulan Ramadan, Jokowi pun melarang mudik, meski tidak untuk pulang kampung walaupun pengertiannya berdasarkan KBBI sama saja.

Baca Juga:

Polres Subang Prioritaskan Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Termasuk C3

Satgas Covid-19 Laporkan Dirut RS UMMI Kota Bogor ke Polisi, Soal Apa?



Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy lantas mengumumkan perubahan kebijakan cuti lebaran untuk mendukung pelarangan mudik itu demi menekan penyebaran Virus Corona ke daerah karena mudik Lebaran.

"Tambahan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri semula sejak tanggal 26-29 Mei 2020, dicabut dan digeser ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020," kata dia, dilansir dari laman CNNIndonesia.com, Kamis (9/4/2020).

Perubahan cuti bersama ini mengubah Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020 dan Nomor 01 Tahun 2020.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Catat Libur Lebaran Pandemi Covid-19 Libur Idul Fitri Cuti Lebaran Lebaran 2020 Idul Fitri 2020 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Tinjau Banjir Tebing Tinggi, Edy Rahmayadi Ingatkan Warga 3M

Cak Imin: Saling Membantu Kunci Lewati Pandemi

Ini Kiat Aman Serumah dengan Pasien Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi