Tetap Semangat, Perkuat Amalan Ini Pada Minggu Terakhir Bulan Puasa

JABARNEWS | BANDUNG – Tidak terasa kita sudah berada di penghujung bulan puasa, meski demikian amal-amalan baik justru harus lebih dikencangkan.

Kegiatan sehari-hari harus tetap dilakukan dengan semangat. Ibadah wajib dan sunat serta bekerja harus tetap dilaksanakan sepenuh hati.

Apalagi kalau kita ingin mendapatkan malam seribu bulan atau malam Lailatul Qodar. Nah, berikut ini amalan yang sebaiknya kita lakukan di minggu terakhir bulan puasa, Simak!

Pertama, perbanyak bersedekah. Bulan puasa tahun ini seharusnya menjadi momen untuk lebih semangat dalam bersedekah, di tengah kondisi pandemi Covid19 saat ini hal yang tidak boleh dilewatkan yakni memperbanyak membantu orang sekitar yang lebih membituhkan, utamanya dengan memberikan hidangan berbuka puasa (ifthar) kepada orang yang berpuasa.

Baca Juga:  Jalan Berliku Penangkapan Djoko Tjandra

Kedua, mengkhatamkan Al-Quran. Memperbanyak membaca dan mengkhatamkan Al-Quran menjadi amalan yang dianjurkan kepada umat muslim saat bulan Ramadan. Minimal kegiatan tersebut dilakukan sekali selama bulan suci.

Baca Juga:  Penentuan Cawapres Prabowo Subianto Tak Akan Lepas dari Tangan Cak Imin

Ulama-ulama terdahulu rajin mengkhatamkan Al-Quran saat bulan Ramadhan, seperti Imam al-Syafi’i yang khatam hingga 60 kali.

Ketiga, memperbanyak Doa. Perbanyak doa yang baik kepada Yang Maha Kuasa di hari- hari terakhir bulan puasa. Panjatkan doa setelah melakukan salat atau kapan saja. Doa yang terus dipanjatkan akan mudah didengar dan akhirnya dikabulkan.

Daripada kamu banyak menghabiskan waktu di media sosial, lebih baik habiskan dengan berdoa. Setelah selesai bisa lanjut dengan zikir.

Baca Juga:  Aksi Kolosal Pramuka di Bogor Pecahkan Rekor Muri

Selain dari itu, untuk diketahui bahwa keutamaan di 10 hari terakhir bulan puasa merupakan malam yang paling disukai Rasulullah, temasuk saat yang tepat untuk meminta ampunan kepa Yang Maha Kuasa.

Nah dwngan dwmikian, setelah mengetahui apa saja amalan-amalan saat Ramadan, umat muslim diharapkan bisa istiqamah menjalaninya. Selain itu, dapat melanjutkan amalan-amalan tersebut di bulan-bulan berikutnya. (Red)