Ini Panduan Tata Cara Shalat Idul Fitri di Rumah Saat Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Shalat idul fitri merupakan shalat sunnah dua rakaat yang dikerjakan umat muslim di pagi hari saat Hari Raya Idul Fitri. Biasanya shalat ini dilakukan di tanah terbuka, mengingat banyak sekali jemaah yang hadir pada saat pelaksanaan shalat idul fitri.

Menjelang berakhirnya puasa Ramadhan 2020, umat Islam bersiap merayakan Idul Fitri 1441 H. Salah satu ibadah saat hari raya adalah sholat Idul Fitri yang biasanya dilanjutkan dengan silaturahim.

Sholat Idul Fitri hukumnya sunnah muakad bagi tiap muslim tanpa kecuali. Ibadah bisa dilakukan berjamaah atau sendiri bagi laki-laki atau perempuan, merdeka atau hamba sahaya, dewasa dan anak-anak, sedang di kediaman atau bepergian (musafir).

Baca Juga:  Adu Kuat Dua Menteri Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno Atau Erick Thohir?

Tentang sholat Idul Fitri di rumah atau masjid dijelaskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwa nomor 28 tahun 2020. Sholat Idul Fitri di rumah atau masjid bisa dilakukan para muslim di Indonesia.

“Sholat Idul Fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, musholla dan tempat lainnya. Sholat Idul Fitri berjemaah boleh dilaksanakan di rumah,” tulis MUI dalam Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat Pandemi COVID-19.

Baca Juga:  Hari Qurban Bentar Lagi, Berikut Tips Hilangkan Bau Daging Kambing

MUI menerangkan kondisi yang memungkinkan muslim sholat Idul Fitri di rumah dan masjid,

A. Sholat Idul Fitri di rumah jika

1. Berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali

2. Selain berjamaah, sholat Idul Fitri di rumah bisa dilakukan sendiri.

B. Sholat Idul Fitri di masjid jika

1. Berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang sudah terkendali pada 1 Syawal 1441 H

2. Ditandai angka penularan yang cenderung menurun

3. Ada kebijakan pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan masukan ahli yang kredibel dan amanah

4. Berada di kawasan bebas dan diyakini tidak ada penularan COVID-19, misal di perumahan terbatas

5. Selain di masjid, sholat Idul Fitri juga bisa dilakukan di tanah lapang.

Baca Juga:  Krisis Palestina, Rabbani dan ACT Kirimkan Bantuan Kemanusiaan

MUI mengingatkan, pelaksanaan sholat Idul Fitri di rumah atau masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan aturan untuk mencegah penularan dan menekan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia. Protokol ini misalnya rajin cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan mengenakan masker.

Saat ini, sejumlah daerah membolehkan sholat Idul Fitri di masjid dengan syarat tertentu. Aturan tersebut untuk mencegah penularan dan tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 di wilayahnya. (Red)