Material Longsor Tutup Akses Jalan Kampung Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta membuat tebing di Kampung Neglasari, Desa Cihanjawar longsor dan menutup jalan desa, Senin (18/5/2020).

Jalan yang tertimbun material longsor merupakan akses utama menuju Kampung Gunung Bakti, Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong.

“Longsor menimpa dan menutup jalan sehingga menutup jalan arah ke Kampung Gunung Bakti tidak bisa dilalui baik motor maupun mobil,” ungkap kepala Desa Cihanjawar, Enuh Nurhayat, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (18/5/2020) petang.

Baca Juga:  Wagub Jabar Harapkan Ada Penggunaan Tenaga Kerja Lokal Di Proyek Nasional

Hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 14.00 WIB menyebabkan tebing setinggi sepuluh meter yang berada dipinggir jalan longsor dan menutup akses keluar masuk warga sekitar pukul 15.30 WIB.

“Kami sudah Laporan ke pihak kecamatan untuk meminta bantuan Damkar, agar jalan bisa dilalui kembali,” ucapnya.

Baca Juga:  LPPKA Tasikmalaya Pertanyakan Kabag Ekonomi Jabat PJS Dirut PDAM

Nurhayat menambahkan, beruntung saat peristiwa terjadi tidak ada warga yang melintas. Akses jalan kini masih tertutup dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Pasca peristiwa longsor, warga langsung melakukan gotong royong dengan alat seadanya. Sekarang sudah bisa dilewati itupun hanya motor dan harus berhati-hati. Material longsornya, tanah dan lumpur yang kini tengah dibersihakan dengan kerja bakti oleh warga.

Baca Juga:  Ingat! Diskanak Purwakarta Larang Jual Hewan Kurban di Trotoar

Nurhayat berharap secepatnya material longsornya diangkat sebab jalan tersebut satu-satunya akses untuk aktivitas warga kampung gunung bakti.

“Kita sudah berupaya melakukan koordinasi juga dengan pihak unsur terkait, Kecamatan, TNI-Polri, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta,” pungkasnya. (Gin)