Lewat Cara Ini, Instagram Gencar Kampanyekan Kesehatan Mental

JABARNEWS | BANDUNG – Jelang Hari Raya Idul Fitri, aplikasi Instagram giat mengkampanyekan isu kesehatan mental untuk membantu pengguna mereka beradaptasi dengan keadaan baru selama pandemi virus corona baru (COVID-19).

Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik, Philip Chua mengatakan platform milik Facebook Inc ini bekerja sama dengan komunitas anti-perundungan Sudah Dong, aplikasi kesehatan mental Riliv serta aktris Ariel Tatum untuk mendorong anak muda lebih memahami isu kesehatan mental dan tidak malu mencari bantuan profesional.

“Kami menyediakan konten tentang kesehatan mental, menggandeng beberapa mitra utama yang menangani perundungan di dunia maya,” kata Philip Chua, dalam konferensi pers secara online, Selasa (19/05/2020)

Baca Juga:  Sembilan Orang Diperiksa KPK Terkait Dugaan Penyelewengan Dana di Kopanti Jabar

Instagram memiliki kampanye bernama #REALTALK, yang kini diperluas membahas tantangan yang dihadapi, khususnya anak muda, di keadaan normal baru akibat pandemi.

Kerja sama ini diwujudkan lewat video serial yang ditayangkan di IGTV, Riliv bersama Ariel Tatum akan membahas kesehatan mental dalam gaya yang mudah dipahami anak muda.

Bersama Sudah Dong, Instagram membuat booklet anti-perundungan #REALTALK untuk membangun interaksi positif di dunia maya maupun dunia nyata. Informasi ini bisa diunduh di situs resmi Sudah Dong.

Baca Juga:  Kementerian Pertanian Tingkatkan Infrastruktur dan SDM di Tahun 2020

Instagram juga meluncurkan fitur khusus Guides, berisi kurasi konten tentang kesehatan mental, anti-perundungan, serta konten positif lainnya untuk memberi semangat menghadapi krisis.

Tab Guides bisa dilihat di akun yang saat ini menjadi mitra Instagram, Ariel Tatum dan Sudah Dong, serta akan muncul di tab Explore.

Instagram juga mengeluarkan serangkaian fitur baru untuk membangun interaksi yang positif di platform tersebut, berupa “Manage Comments”, agar pengguna bisa menghapus komentar negatif dan membatasi atau memblokir hingga 25 akun sekaligus.

Baca Juga:  Nasib Rumah Warga Cilengkrang Masih Belum Ada Kepastian

Platform ini juga memperkenalkan fitur “Tag and Mention Controls”, pengguna bisa mengatur siapa saja orang yang bisa menandai, “tag”, dan menyebut (mention) mereka di Instagram.

Selain itu, fitur terakhir berupa “Pin Your Favorite Comment”, yang akan diuji coba agar pengguna bisa menyematkan komentar positif yang mereka sukai supaya berada di bagian paling atas. Fitur ini diharapkan bisa mendorong interaksi yang positif di unggahan tersebut. (Red)