Keputusan Soal Haji di Undur Hingga 1 Juni, Ini Kata Menag

JABARNEWS | JAKARTA – Setelah sebelumnya akan diputuskan pada 20 Mei 2020 terkai ibadah haji. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan keputusan soal keberangkatan haji Indonesia akan ditetapkan pada 1 Juni 2020.

Fachrul Razi mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait pemberangkataan jamaah haji.

“Setelah lapor ke Presiden, beliau telah berkomunikasi dengan Raja Salman, bagaimana perkembangannya, jadi mundur sampai awal Juni 2020, mungkin nanti 1 Juni atau apa nanti kami lihat di kalendernya,” kata Menag Fachrul Razi setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi secara virtual terkait Persiapan Idul Fitri 1441 H dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (19/05/2020)

Baca Juga:  Gunung Ciremai Kembali Dibuka, Ini Syarat Bagi Pendaki

Menag menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga alternatif skenario terkait hal tersebut.

“Kita sudah siapkan 3 alternatif, berangkat semua, berangkat sebagian, dan ketiga gagal berangkat semua,” kata Menag.

Baca Juga:  Vaksinasi di Cianjur Baru 61 Persen, Herman Suherman Optimis Target Bisa Tercapai Akhir Tahun Ini

Menurut dia, awalnya pihaknya berpegang bahwa Indonesia tidak bisa menunggu berlama-lama terkait keputusan haji karena memberangkatkan dan mempersiapkan keberangkatan haji tidak sederhana.

Namun setelah dilaporkan kepada Presiden melalui Rapat Terbatas persiapan Idul Fitri kemudian diputuskan bahwa ketetapan pemberangkatan haji diundur sampai 1 Juni 2020.

Baca Juga:  Jasa Marga: Tol Japek Naik 51,6 Persen Pada Libur Panjang

“Kita tidak bisa tunggu lama-lama, awalnya kami berikan ‘deadline’-nya 20 Mei berarti besok dengan pertimbangan di Saudi ada Idul Fitri, apalagi kontingen pertama kita berangkat 26 Juni,” katanya.

Rencananya Presiden Jokowi akan kembali berkomunikasi dengan Raja Salman untuk memutuskan solusi terbaik terkait penyelenggaraan haji 1441 H. (Red)