aqua

Unisba Ciptakan Inovasi Partisi Ruang Multiguna Bantu Tangani Covid-19

Alat ini ini merupakan instalasi multiguna yang memisahkan zona pasien dengan zona tenaga kesehatan secara kedap sempurna

Instalasi multiguna KOPID3@se untuk prosedur diagnostik aman dari resiko transmisi infeksi ciptaan Universitas Islam Bandung (Unisba). (Foto: Unisba)

JABARNEWS | BANDUNG - Tim dosen peneliti Unisba kembali menciptakan inovasi instalasi multiguna untuk prosedur diagnostik yang aman dari resiko transmisi infeksi yang diberi nama KOPID3@se (dibaca Kopidtriase). Instalasi ini merupakan pengembangan dari instalasi sebelumnya KOPIDShield dengan penambahan fungsinya.

Ketua tim peneliti, Dr. Maya Tejasari mengatakan, instalasi ini merupakan prototipe kedua dari desain serial KOPID√ěrotection yang dikembangkan oleh Fakultas Kedokteran (FK) Unisba setelah prototipe pertama yaitu KOPIDShield yang telah di pergunakan di RS Al Islam Bandung.

Baca Juga:

Unisba Jalin Kerjasama dengan Universitas Malaya, Tingkatkan Pemikiran Islam

DPD RI Gelar Seminar Tindaklanjuti Keputusan MPR



Dia mengungkapkan, KOPID3@se ini merupakan instalasi multiguna yang memisahkan zona pasien dengan zona tenaga kesehatan secara kedap sempurna dilengkapi sistem tekanan negatif yang telah terkalibrasi, sehingga dapat mencegah resiko transmisi termasuk Covid-19, dari pasien kepada tenaga kesehatan.

"Instalasi ini didesain secara ergonomis dengan memenuhi standar keselamatan biologi sehingga tenaga kesehatan cukup menggunakan APD sederhana," kata Maya di Bandung, Selasa (19/5/2020).

Dia menjelaskannya, KOPID3@se ini dilengkapi dengan peralatan pendukung untuk melakukan prosedur diagnostik seperti, anamnesis, pemeriksaan fisik, rapid test/pengambilan darah, dan pengambilan spesimen swab dalam satu lokasi, sehingga meminimalisir resiko transmisi antar pasien.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : RSUD Al-Ihsan Unisba Covid-19 Pandemi Corona Fakultas Kedokteran Unisba riset biomulekular Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Akademisi Nilai Perombakan Buku PAI Bukan Solusi Tangkal Radikalisme

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi