aqua

Bagi Warga Jabar yang Masih Ragu, Simak Imbauan MUI Ini

MUI Jabar keluarkan imbauan soal pelaksanaan Shalat Idul Fitri

Dari Kanan- Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei didampingi Sekum MUI Jabar, Rafani Achyar, Selasa (19/5/2020). (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar kembali mengeluarkan imbauan ke-empat, khususnya terkait dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri dalam suasana Covid-19. MUI Jabar mengimbau warga di Tanah Pasundan agar melaksanakan Salat Idul Fitri 2020 di rumah baik secara sendiri maupun terbatas bersama keluarga.

Hal tersebut merujuk pada Fatwa MUI Pusat No. 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19 dan Rekomendasi Gubernur Jawa Barat tentang Salat Sunah Idul Fitri di rumah.

Baca Juga:

Cegah Covid-19, Masjid Raya Bandung Hentikan Shalat Berjamaah

Soal Imbauan Qunut Nazilah, Begini Kata MUI Jabar



Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei mengatakan, pihaknya menyadari tingginya antusias masyarakat untuk menggelar Salat Idul Fitri. Apalagi pelaksanaan itu memang disunahkan di masjid atau lapangan secara bersama-sama.

"Mengingat kondisi saat ini yang masih pandemi covid-19, akan lebih baik jika ibadah tersebut dilaksanakan masing-masing di rumah. Ini memang sulit. Tapi masyarakat lebih baik melaksanakan salat Id di rumah," kata Rachmat kepada wartawan di kantor MUI Jabar, Selasa (19/5/2020).

Berdasarkan fiqih, jelas Rachmat, telah jelas dinyatakan bahwa mencegah kerusakan harus lebih diutamakan dibanding melakukan kebaikan yang mendatangkan pahala. Mencegah mafsadat harus didahulukan daripada mengambil manfaat. Dan sesuai dengan maqasid as-syari 'ah yang menyatakan bahwa menjaga kesehatan badan adalah tujuan yang utama.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Cara Shalat Id MUI Jabar Imbauan MUI Majelis Ulama Indonesia Cara Shalat Shalat Idul Fitri Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei Fatwa MUI

berita terkait

Panik Covid-19, Emil Minta MUI Tenangkan Masyarakat

MUI Jabar Tanggapi Wacana Khutbah Jumat Diatur

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi