aqua

Dedi Mulyadi: Penguatan RT/RW Sebagai Basis Pengendalian Covid 19 Sudah Tepat

Jangan ada lagi ego sektoral dalam pengelolaan bujet keuangan untuk kepentingan penanganan Covid-19.

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi. (Foto: Kompas.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebutkan bahwa pengendalian penyebaran virus corona sangat efektif jika kuncinya berada di tingkat RT/RW mendapat respon dari Anggota DPR RI Dedi Mulyadi.

Menurut mantan Bupati Purwakarta tersebut, gagasan itu sudah jauh-jauh hari dirinya sudah menyampaikan bahwa RT/RW dan desa atau kelurahan harus diberi penguatan sebagai kunci pengendalian penyebaran virus corona. Pengendalian wabah corona berbasis lingkungan.

Baca Juga:

Dedi Mulyadi: Golkar Jabar Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Karawang

Syukuran Ala Kang Dedi Mulyadi



"Sejak awal sudah saya sampaikan bahwa konsep negara yang tersentralistik itu akan gagal ketika menghadapi persoalan-persoalan yang besar seperti kebencanaan, perang, karena itu akan membunuh kreativitas daerah atau lokal," kata Dedi, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, konsep pengeolaan negara yang sentralistik sangat tergantung pada pembiayaan. Meletakkan sesuatu pada beban APBN dan APBD hanya akan melahirkan keriuhan saat muncul sebuah problem. Negara, kata Dedi, masih mengalami kesulitan dalam pembaharuan data, mulai kemiskinan dan warga yang terdampak Covid-19. Ditambah setiap komponen strata kelembagaan memiliki ego dan membangun citranya masing-masing, mulai tingkat kabupaten, provinsi, bahkan hingga kementerian.

"Kalau mau konsisten pada negara kesatuan, semestinya tak ada lagi ego sektoral dalam pengelolaan bujet keuangan untuk kepentingan penanganan Covid-19," ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Mantan Bupati Purwakarta Presiden Jokowi DPR RI Bansos Covid-19 Penyebaran Covid-19 Pernyataan Presiden Jokowi Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Kader Terbaik Akan Disiapkan Golkar Jabar di Pilkada 2020

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi