Kasus Covid-19 di Garut, 60 Persen Pasien Dinyatakan Sembuh

JABARNEWS | GARUT – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut mengumumkan data kesembuhan enam pasien positif Covid-19.

Dari 13 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut hingga saat ini, delapan orang di antaranya atau 60% dapat kembali sehat. Sementara dua orang masih menjalani perawatan, satu orang isolasi mandiri, dan dua orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah enam orang sembuh, berdasarkan hasil rapid test dan polymerase chain reaction (PCR) negatif dua kali berturut-turut,” ujar uru Bicara Covid-19 Ricky Rizki Darajat, Rabu (20/5/2020).

Ia menambahkan keenam orang ini sudah dipulangkan dari RSUD dr Slamet, tetapi harus melanjutkan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan. Mereka juga dianjurkan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), memakai masker, dan jaga jarak (physical distancing).

Baca Juga:  Wisata Malam Bandung View City Light Terbaik

“Enam pasien yang sembuh itu antara lain seorang laki-laki berusia 27 tahun asal Kecamatan Wanaraja, laki-laki 42 tahun asal Kecamatan Cikajang, perempuan 46 tahun asal Kecamatan Garut Kota, laki-laki 40 tahun asal Kecamatan Tarogong Kaler, laki-laki 31 tahun asal Kecamatan Tarogong Kaler, dan balita laki-laki 2 tahun asal Kecamatan Cibatu.

Kemudian data dia, pada Selasa (19/05/2020) juga ada penambahan kasus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak empat orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak dua orang. Dengan begitu, total kasus Covid-19, mulai dari orang tanpa gejala (OTG), ODP, PDP, hingga pasien positif, di Garut mencapai 3.372 kasus.

Baca Juga:  Jabarnews.com Lolos Verifikasi Faktual Dewan Pers

Ia menjelaskan, untuk kasus OTG terdiri dari 743 kasus. Sebanyak 311 masih dalam tahap observasi dan 432 selesai masa observasi tanpa ada kasus kematian, tapi satu orang menjadi positif.

Sementara untuk ODP tercatat 2.557 kasus. Sebanyak 128 kasus masih pemantauan, lima dalam perawatan, dan 2.424 selesai pemantauan, di mana 13 di antaranya meninggal dunia. Terakhir, untuk PDP tercatat 59 kasus, di mana lima kasus sedang dalam perawatan dan 54 kasus selesai pengawasan, tapi 14 meninggal dunia.

Baca Juga:  4.895 Orang Wafat Dijadikan Pendukung Calon Perseorangan di Karawang

“Tim subdivisi pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut sudah mengadakan tracking dan tracing OTG ke Kecamatan Selaawi, Banyuresmi, Tarogong Kaler dan Tarogong Kidul untuk melacak kontak erat, penyelidikan epidemiologi, pemeriksaan rapid test dan pengambilan swab,” kata dia.

Pemkab Garut terus mengupayakan cara-cara preventif dan deteksi dini penanggulangan Covid-19 pada masyarakat. Pada Selasa, pihaknya telah mengefektifkan kegiatan di 22 titik check point dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pada pelaku-pelaku perjalanan. (Red)