Peringati Harkitnas, Dedi Mulyadi Lakukan Ini di Sekolah Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, hari ini Dedi Mulyadi melakukan kegiatan panen padi di salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Purwakarta, Rabu (20/5/2020).

Jika mendengar kata memanen padi, pasti terbayang hamparan sawah yang luas. Namun berbeda dengan yang dilakukan Dedi Mulyadi, ia memanen padi yang tumbuh subur di halaman sekolah.

Padi yang ditanam menggunakan plastik polibeg merupakan salah satu program yang telah lama Dedi lakukan guna mendorong sekolah bisa menerapkan metode pembelajaran yang aplikatif. Salah satunya ilmu bertani yang menjadi bagian penting mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia dan menjadikan para pelajar lebih produktif.

Baca Juga:  Video: Biadab! Pria Beristri di Purwakarta Tega Cabuli Adik Iparnya

“Padi yang kita tanam ini jenis padi inpari nutrisi, yaitu padi dengan nutrisi yang tinggi salah satunya untuk mencegah stunting,” kata Dedi kepada awak media, Rabu (20/5/2020).

Dedi menjelaskan, pada Peringatan Harkitnas di tengah pandemi Covid-19, dirinya mengajak kalangan muda untuk menjadi orang yang produktif. Sebab saat ini negara sedang repot, ekonomi lagi berat, dan yang dibutuhkan saat ini adalah orang-orang yang produktif.

Baca Juga:  Kasus Pencemaran Nama Baik Angel Lelga, Vicky Prasetyo Resmi Ditahan

Produktif yang dimaksud, kata Dedi, seperti menanam padi, beternak, menanam buah-buahan, sayuran, berladang dan juga nelayan.

“Saat ini negara kita membutuhkan anak muda produktif, bukan yang hanya nongkrong menghabiskan kuota internet untuk bermain game,” ujar mantan Bupati Purwakarta tersebut.

Saat memanen padi, Dedi ditemani Purwakarta selaku Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, bertemu dengan seorang pelajar bernama Deni yang diketahui anak dari seorang buruh tani. Ia pun tak malu untuk membantu orang tua di sawah demi memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga:  2.200 Nelayan Bekasi Terdampak Tumpahan Minyak di Perairan Karawang

Sebagai bentuk kepeduliannya, Dedi Mulyadi memberikan bantuan tiga ekor domba untuk Deni untuk dikembangbiakan. Dengan harapan nantinya domba-domba tersebut bisa bertambah jumlahnya dan bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga Deni.

“Deni adalah sosok yang mengingatkan saya pada masa kecil. Dia adalah anak muda yang sanggup menyongsong masa depan,” ucap Dedi. (Red)