Merana Tinggal di Gubuk Seng, Kakek Ini Akhirnya Dapat Bantuan

JABARNEWS | CIANJUR – Uyeh (68) warga Gg Atik 2 RT 04/10, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat harus berdamai dengan keadaan hidup yang serba kekurangan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dirinya mengandalkan pekerjaan serabutan.

Sudah beberapa tahun lamanya dirinya merana dan tidak pernah mendapat bantuan pemerintah. Hingga pada akhirnya tangis harunya pecah ketika mendapat bantuan dari Baznas Cianjur dan Kecamatan Cianjur.

Setelah ada informasi dan laporan ada seorang warga, seorang kakek tersebut hidup masih di bawah garis kemiskinan, yang tinggal di gubuk seng bekas. Akhirnya, Kelurahan Muka melalui Lurah Sofyan Sauri, langsung bergerak turun tangan memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai, bersama pukul 10:00 WIB, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga:  Kenapa Sih Waria di Bandung Sering Muncul Saat Bulan Puasa?

Lurah Muka, Kecamatan Cianjur, Sofyan Sauri mengatakan, pihak kelurahan mencoba mengantisipasi dengan cara bekerjasama. Baik dengan Baznas dan Kecamatan Cianjur, untuk memberikan bantuan sembako dan uang sebagai pengganti Bantuan Sosial (Bansos) Provinsi dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang belum kunjung didapatkan.

Baca Juga:  IDI Laporkan Dokter Yang Gugur Akibat Covid-19 Bertambah Jadi 136 Orang

“Selain itu mengingatkan ke warga via Ketua RT/RW agar selalu berbagi dan membantu kepada masyarakat kurang mampu,” kata Sofyan kepada JabarNews.

Sofyan memaparkan, selama ada program bantuan pemerintah selalu diusulkan kecuali Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) karena bukan tanah milik.

“Ya, termasuk ada bantuan beras dan telur dari Kecamatan Cianjur juga,” imbuhnya.

Lurah Muka berharap, bagi pihak-pihak terkait dan pemerintah agar lebih selektif menentukan masyarakat penerima bantuan, dengan cara turun ke lapangan, untuk verval data secara langsung. Bila perlu diadakan verifikasi data secara berkala oleh petugas khusus (konsultan kesejahteraan sosial) bersifat independen.

Baca Juga:  Banjir Cileuncang Kepung Kota Bandung, BMKG: Sepekan Ke Depan Hujan Lebat Landa Jabar

“Nah, hal ini untuk menjaga netralitas dan keakurasian data. Begitu kang,” jelas Sofyan.

Terpisah, Uyeh (68) mengucapkan terimakasih kepada pihak Kelurahan Muka dan Baznas Kecamatan Cianjur telah memberikan bantuan, dan memang sangat diperlukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya tidak bisa mengungkapkan atau berbicara apa-apa, sangat bersyukur dan semoga Allah SWT membalas yang setimpal,” ujarnya. (Mul)