Belanja Pasar Cikurubuk Online Belum Familiar Dikalangan Masyarakat Kecil

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Dalam rangka pencegahan Covid-19 sejumlah Pemerintah Kota Tasikmalaya mengeluarkan terobosan dengan meluncurkan Pasar Online. Dengan adanya pasar online, warga Tasikmalaya tidak harus datang ke pasar tradisional.

Akses layanan belanja sembako melalui Pasar Cikurubuk Online masih belum familiar dikalangan masyarakat kecil. Seperti yang diungkapkan oleh Engkar warga Kota Tasikmalaya, mengaku bahwa terobosan yang digagas oleh Pemerintah kota Tasikmalaya yang telah bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya itu belum bisa ia pahami sepenuhnya.

“Ia mengaku sudah terbiasa belanja secara langsung, baik ke Pasar Cikurubuk maupun ke Pasar Pancasila,” ujarnya kepada Jabarnews.com, Jumat (24/4/2020).

Baca Juga:  Peparda V Jabar, Persiapan Menuju Peparnas Papua 2020

Menurut Engkar, inovasi yang telah diluncurkan pihak Pemkot Tasik itu belum sepenuhnya familiar, mungkin bagi masyarakat yang sering belanja beli secara online mungkin bisa paham.

“Tapi bagi masyarakat yang sering melakukan secara manual atau tradisional mungkin agak sedikit terkendala, apalagi masyarakat kecil yang belum tersentuh dengan digitalisasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Walikota Tasikmalaya, Drs. Budi Budiman telah melakukan Launching Pasar Cikurubuk Online di Bale Priangan Kantor Perwakilan Bank BI Tasikmalaya, Kamis Kemarin, (23/4/2020)

Baca Juga:  Prabowo Subianto Ngaku Kurang Puas atas Kekalahannya di Dua Pemilu: Mau Kita Dongkol Terus?

“Budi mengaku bahwa akses layanan Pasar Cikurubuk Online itu merupakan terobosan berbelanja bagi warga Kota Tasik ditengah badai virus corona (Covid-19), jadi sambil menggerakan roda perekonomian di masyarakat, juga bertujuan untuk mencegah potensi penyebaran virus corona,” ujarnya.

“Belanja kebutuhan sembako itu dapat diakses melalui Tokopedia dengan memasukan kata kunci pencarian Pasar Cikurubuk Online di laman Tokopedia, dan nanti akan muncul Lapak Pasar Cikurubuk Online.

Menurut Budi, pesanan sembako itu nantinya akan langsung diproses, kemudian di packing dan diantar langsung oleh Ojek Online hingga ke alamat pemesan.

Baca Juga:  Saatnya Jaga Kebersamaan Umat

Pantauan Jabarnews.com, durasi pengiriman sembako yang tersedia di lapak Pasar Cikurubuk Online itu tertulis pengiriman instan dengan durasi 3 jam, namun dalam pengaturan pilih pengiriman itu terdapat tulisan jika pembelian diatas pukul 14.00 WIB berpotensi dikirim besok.

Tak hanya itu, metode pembayaran cash ditempat atau cash on delivery (COD) masih belum tersedia, hanya masih melakukan membayar alternatif di Minimarket, sementara transfer melalui berbagai Bank bisa dilakukan. (Tny)