Pastikan BLT Dana Desa Tepat Sasaran, Pemdes Cibodas Purwakarta Lakukan Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Desa (Pemdes) Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah meyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat penerima manfaat.

Untuk memastikan penyaluran BLT Dana Desa tepat sasaran, pihak Pemdes melakukan secara door to door (dari rumah ke rumah red) kepada penerima bantuan.

Kepala Desa Cibodas Cep Supriatna melalui Sekretaris Desa Endan Rosidin mengatakan, penerima BLT Dana Desa merupakan hasil verifikasi dalam validasi dan finalisasi musyawarah desa khusus (Musdesus) tentang penetapan data keluarga miskin penerima.

Baca Juga:  Libur Panjang, Pemkab Bogor Gelar Rapid Test Massal di Puncak

“Ada sebanyak 246 KK yang tercover oleh BLT Dana Desa sementara sisanya merupakan penerima PKH dan penerima BPNT, dan bantuan program perintah lainnya bagi warga yang dampak Covid -19,” Endan, Kamis (21/5/2020).

Baca Juga:  AMSI Riau Terverifikasi Faktual Dewan Pers

Disinggung soal adanya kabar warga di media sosial yang hanya mendapat 100 ribu, Endan menegaskan itu merupakan bantuan tambahan inisiatif penerima bantuan secara sukarela yang kemudian dikumpulkan melalui RT dan RW. Pasalnya, warga tersebut telah terdaftar di program keluarga harapan (PKH).

“Sebab aturannya penerima BLT Dana Desa, tidak boleh rangkap atau dobel dengan bantuan lain,” katanya.

Baca Juga:  Kepala Daerah Bodebek Minta Operasional KRL Dihentikan

Dirinya menmabahkan, dalam proses penyaluran BLT Dana Desa ke masyarakat dilakukan oleh tim relawan dengan tetap mamatuhi protokol Covid-19, transparan dan melibatkan unsur intansi terkait agar berjalan dengan baik.

“Kami dari pemerintah desa mengucapkan terimakasihnya kepada pemerintah baik kabupaten, provinsi dan pusat yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,” ucapnya. (Red)