Inilah Sejumlah Khasiat Jeruk Limau yang Perlu Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Jeruk limau dikenal bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk menurunkan berat badan. Namun rasanya sangat asam, banyak orang mencampurnya dengan air putih.

Ternyata, memang benar bahwa jeruk limau bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Para ahli percaya, asam sitrat yang dikandung jeruk limau dapat meningkatkan metabolisme, sehingga lebih banyak kalori dan lemak yang dibakar. Tentu saja mengonsumsi jeruk limau saja belum cukup, harus diimbangi dengan olahraga.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk limau dalam menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk meminum air putih yang sudah dicampurkan jeruk limau di pagi hari, atau mengisap irisan jeruk limau sebelum makan. Selain membantu menurunkan berat badan, jeruk limau juga mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga:  Inalillahi...Mbah Moen Wafat Di Tanah Suci

Berikut ini adalah manfaat jeruk limau yang sayang jika dilewatkan

1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan – Menambahkan jeruk limau ke dalam air putih berpotensi meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Bagaimana tidak, jeruk limau mengandung komponen yang bisa menstimulasi sekresi pencernaan di dalam lambung. Selain itu, asam sitrat yang dikandung jeruk limau juga bisa membantu memecah makanan.

2. Menurunkan risiko kanker – Percaya tak percaya, menurunkan risiko kanker menjadi salah satu khasiat jeruk limau. Sebab, beberapa riset telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk limau bisa menurunkan risiko kanker. Sebuah penelitian juga menunjukkan, mengonsumsi buah sitrus secara rutin bisa menurunkan risiko kanker kerongkongan. Namun, riset lanjutan masih diperlukan untuk membuktikannya.

Baca Juga:  Krisdayanti Bantah Tudingan Perlakuan Spesial di Tengah Kelangkaan Minyak Goreng

3. Menyehatkan kulit – Jeruk limau mengandung vitamin C dan antioksidan. Kedua nutrisi penting ini sering ditemukan dalam produk kecantikan kulit. Ketika jeruk limau dikonsumsi bersama dengan air putih, kesehatan kulit dipercaya bisa meningkat.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh – Kegunaan vitamin C dan antioksidan yang dikandung jeruk limau tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan kulit, tapi juga memperkuat sistem imun tubuh. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, jeruk limau dipercaya bisa mencegah atau memperpendek “umur” berbagai penyakit dalam tubuh Anda, contohnya flu dan pilek.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung – Jeruk limau mengandung kalium dan magnesium yang tinggi, sehingga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh. Terutama kalium, yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Jeruk limau juga dianggap ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol, walaupun masih diperlukan riset tambahan untuk membuktikannya.

Baca Juga:  Hore! Kalimalang Akan Disulap Jadi Lebih Kekinian

6. Meningkatkan keinginan untuk minum air putih – Lembaga kesehatan masyarakat Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) percaya, menambahkan air jeruk limau ke dalam air putih, bisa mendorong keinginan untuk minum air putih lebih banyak. Seperti yang sudah diketahui, menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air putih adalah hal yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, jeruk limau juga disebut bermanfaat dalam menurunkan gula darah, mencegah pertumbuhan mikroorganisme, mencegah peradangan, hingga menghambat pertumbuhan batu ginjal. (Red)