Dukung Penanganan Covid-19, PMI Kota Sukabumi Salurkan APD

JABARNEWS | SUKABUMI – Bergerak terus untuk melakukan langkah kemanusiaan merupakan tugas Palang Merah Indonesia (PMI). Kali ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, kembali menyalurkan sejumlah alat pelindung diri (APD) untuk menutupi kekurangan perlengkapan para tenaga medis sebagai garda terdepan yang berada di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kepala Merkas PMI Kota Sukabumi Jaini mengatakan, bantuan yang disalurkan ini merupakan dukungan dari PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID untuk menambah kekurangan APD bagi tenaga medis di fasilitas kesehatan

Baca Juga:  Rencana Sekolah Kembali Dibuka, Ini Rekomendasi KPAI untuk Pemerintah

“Bantuan yang kita berikan ini untuk menutupi kekurangan APD saat ini yang dapat digunakan oleh para tenaga medis khususnya di pelayanan tingkat pertama seperti pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) sebagai antisipasi penyebaran COVID-19,” kata Jaini di Sukabumi.

Adapun untuk tahap pertama paket bantuan APD lengkap tersebut berjumlah sepuluh paket yang terdiri dari baju pelindung hazmat, google (kacamata), helm pelindung, handscoon (sarung tangan medis dan karet), faceshield, shoes cover, masker N95, headcap dan hand sanitizer,

Baca Juga:  Angka Penggunaan Narkoba Masih Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19

“Saat ini kami memprioritaskan bantuan untuk pemerintah daerah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus bisa menyebabkan kematian,” tambahnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Kecamatan Baros Zah Maulidianti menyambut gembira bantuan APD ini karena sangat dibutuhkan petugas medis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19 terutama di pelayanan kesehatan tingkat pertama yakni puskesmas

“Dengan bantuan ini paling tidak para tenaga medis yang ada di puskesmas bisa menjaga diri dari kemungkinan terpaparnya COVID-19, karena mereka berisiko kontak langsung dengan orang dalam pemantauan (ODP), orang tanpa gejala (OTG), pasien dalam pengawasan (PDP) maupun masih terkonfirmasi positif,” katanya.

Baca Juga:  Kimi Make Up Artist 'Sulap' Wajah Seorang Pengamen Wanita di Purwakarta

Selain APD, dalam waktu bersamaan PMI Kota Sukabumi juga menyalurkan bantuan masker kain yang merupakan hasil produksi personil relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Kelurahan Baros kepada empat kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Baros untuk selanjutnya dibagikan kembali kepada masyarakat. (Red)