aqua

IPO Sarankan Pilkada Tetap Digelar Di Tahun 2020

KPU seharusnya tidak menjadikan wabah sebagai alasan untuk menunda kembali.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Sebaran wabah Covid-19 belum menunjukkan tren menurun, hal itu pula yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk menunda pelaksanaan Pilkada serentak di bulan Desember 2020. Bahkan sebelum ada putusan penundaan KPU RI telah lebih dulu menangguhkan beberapa tahapan Pilkada yang rencananya dilaksanakan pada September 2020.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, meskipun pandemi belum berakhir pemerintah harus tetap melaksanakan Pilkada di tahun 2020. Ia menilai penundaan selama 3 bulan cukup untuk menyiapkan Pilkada di tengah wabah.

Baca Juga:

Jelang Pilkada Karawang, Akronim Ginto Mulai Santer Terdengar

KPU Depok Siapkan Program dan Anggaran Pada Pilkada 2020



"Pemerintah sebaiknya memastikan pelaksanaan Pilkada tetap di gelar pada Desember, karena akan berimbas pada proses regenerasi politik dan pembangunan daerah, KPU seharusnya tidak menjadikan wabah sebagai alasan untuk menunda kembali, kecuali mereka memang gagal menyiapkan keperluan pelaksanaan," kata Dedi dalam keterangannya, Jum'at (22/5/2020).

Pengajar komunikasi politik Universitas Telkom ini menilai, KPU RI semestinya memiliki skema alternatif untuk tetap menggelar Pilkada Serentak 2020.

Alternatif itu bisa berupa tatalaksana di masa pandemi agar tetap berjalan, bagaimanapun Pilkada bukan menentukan pemimpin administratif, melainkan pemimpin politik yang punya dampak pada pengambilan kebijakan penting bagi pembangunan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Anggaran Pilkada 2020 Pilkada 2020 Pilkada Ditunda Alasan Pilkada Ditunda Direktur Eksekutif IPO Indonesia Political Opinion KPU RI Pandemi Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Berikut Hasil Survey Independen Jelang Pilkada Karawang

Pilkada Serentak 2020 Mulai Menghangat

Kang Jimmy Resmi Mendaftar Bacabup PDIP Karawang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi