Dirlantas Polda Sumut Tinjau Pos Check Point 1 Tanjung Morawa

JABARNEWS | DELI SERDANG – Pada hari ke-28 pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mencatat sebanyak 14.000 kenderaan diminta putar balik karena terindikasi akan mudik.

Hal itu diungkapkan Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Yamin didampingi Kasat Lantas Polresta Deli Serdang Kompol Rina Tarigan saat mengecek kesiapan Pos Pengamanan Operasi Ketupat 2020 di pos check point 1 Tanjung Morawa, Jumat (22/5/2020) sore.

Baca Juga:  Kampung Daun, Wisata Kuliner Bernuansa Alam Romantis

“Sudah 14 ribu kenderaan kami putar balik, mereka terindikasi mau mudik dan tidak menggunakan masker,” katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah kendaraan diminta putar balik karena kedapatan memiliki kartu penduduk luar daerah. Hal itu untuk mengawal penegakan aturan larangan mudik sesuai instruksi pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) masuk Sumatera Utara.

Baca Juga:  Geram Mahasiswi Banjar Dibegal, Ade Uu Sukaesih Sebar CCTV

Menurutnya, bagi pengendara atau penumpang yang kedapatan memiliki kartu identitas penduduk luar daerah, maka akan dilakukan tindakan tegas dengan putar balik. Sedangkan bagi yang mudik lokal akan dilakukan pemeriksaan suhu badan dan kesehatan.

Baca Juga:  Anggota DPR-RI Endang Tampung Aspirasi Masyarakat Cianjur

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik di tengah pandemi Covid-19 dan berlebaran di rumah guna mencegah penyebaran Covid-19. Apabila tetap akan mudik maka akan dilakukan tindakan tegas.

“Lebih baik lebaran dengan keluarga di rumah agar mata rantai penyebaran Covid-19 dapat terputus,” katanya. (Ptr)