Pemkot Bekasi: 800 Masjid yang Akan Gelar Salat Idul Fitri

JABARNEWS | BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mencatat ada sekitar 800 masjid di wilayahnya menggelar salat Idul Fitri berjamaah pada Ahad, 24 Mei 2020. Ratusan masjid tersebut berada di zona hijau Covid-19.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, pemerintah daerah menetapkan sebanyak wilayah di 41 kelurahan sebagai zona hijau. Indikatornya, di wilayah itu tidak terdapat pasien yang terpapar virus corona. Bila sebelumnya ada, tapi sudah dinyatakan sembuh.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Resmikan Primkoppol Mart di Cianjur

“Kami sudah memberikan klarifikasi kepada Pemprov Jabar dengan berbagai indikatornya,” kata Tri pada Jumat (22/5/2020) dilansir dari laman Tempo.co.

Meski pemerintah mengizinkan, kata dia, jemaah salat hingga penyelenggara wajib menjalankan protokol kesehatan. Bahkan, pemerintah telah menyebar sedikitnya 2500 masker dan hand sanitizer kepada masjid-masjid yang akan menggelar salat Idul Fitri.

“Sehari sebelumnya, kami juga akan melakukan tes secara acak kepada calon jemaah,” kata dia.

Selain itu, pemerintah daerah juga menetapkan jemaah salat adalah penduduk di lingkungan sekitar masjid. Penyelenggara wajib menyeleksi secara ketat berdasarkan identitas, serta akan diawasi oleh petugas dari kelurahan setempat.

Baca Juga:  Pantau Kinerja ASN, Pemkot Bandung Buat Perwal Indikator Kinerja

“Mudah-mudahan yang dikhawatirkan ada klaster baru tidak terjadi,” kata dia.

Ia mengatakan, jemaah salat diminta berangkat dari rumah dalam kondisi bersih dan sehat, serta wajib menggunakan masker. “Paling utama, setelah salat id langsung pulang, tidak ada salaman atau halal bihalal,” katanya.

Tri menambahkan, pemerintah tetap mengizinkan pelaksanaan salat Idul Fitri di zona hijau bukan berarti menentang larangan dari Pemerintah Pusat maupun Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga:  Aksi Wakapolres Purwakarta Punguti Sampah Demonstran

Menurut Tri,ada indikator pemerintah bersama dengan unsur terkait bersepakat melonggarkan aktivitas salat Idul Fitri. “Tentunya berdasarkan data faktual sekarang,” kata dia.

Berdasarkan data terkini, total jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bekasi mencapai 288, 235 di antaranya dinyatakan sembuh atau sudah negatif. Kemudian yang masih dirawat sebanyak 22, sedangkan 31 meninggal dunia. (Red)