aqua

Ingin Tetap Bahagia Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Tips dari Unpad

Kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan menyebabkan masyarakat harus tinggal di rumah.

Ilustrasi Lebaran (Foto: Shutter Stock)

JABARNEWS | BANDUNG - Masa pandemi virus korona (covid-19) yang melanda Indonesia menjadikan aktivitas Ramadan dan Hari Raya Idulfitri tahun ini berbeda. Kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan menyebabkan masyarakat harus tinggal di rumah dan tidak diperkenankan untuk melakukan mudik.

Kebijakan ini membuat sejumlah individu, salah satunya mahasiswa yang tertahan tinggal di indekos, tidak bisa pulang ke rumah. Ini menjadikan Idulfitri tahun ini menjadi lebih sepi, karena biasanya momentum lebaran banyak dimanfaatkan untuk berlibur dan bersilaturahmi dengan sahabat lama.



Bagi yang tinggal di perantauan, akan ada perasaan sedih karena tidak dapat bertemu langsung dengan orang tua maupun orang-orang yang dicintai. Perasaan tersebut normal dirasakan dalam situasi seperti ini. Namun, rasa sedih sebaiknya jangan berkepanjangan, karena ada banyak cara untuk mengatasinya.

Dua dosen Fakultas Psikologi Univesitas Padjadjaran sekaligus tim Pusat Konseling Unpad, Dhini Andriani, dan Tiara Ratih Purboningsih, membagikan tips mengatasi kesedihan sekaligus membuat lebih produktif dan tetap dekat dengan orang-orang tersayang selama lebaran.

Ada enam hal yang bisa dilakukan. Pertama, buat janji dengan orang tua dan sahabat-sahabat di kampung halaman untuk melakukan video call. Dokumentasikan saat kita video call lebaran.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dosen Unpad Mahasiswa Unpad Dosen Fakultas Psikologi Univesitas Padjadjaran Tips Bahagia Dhini Andriani Tiara Ratih Purboningsih Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi