Simak, Ini Pesan Imam Besar Masjid Istiqlal Jelang Idul Fitri

JABARNEWS | BANDUNG – Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar meminta umat Islam tidak memaksakan diri untuk melakukan kegiatan masif di masjid, seperti takbiran ramai-ramai dan salat Idul Fitri,di tengah wabah Covid-19.

“MUI menyuguhkan banyak dalil, pimpinan ormas-ormas lain sepakat mari salat Idul Fitri di rumah,” kata Nasaruddin dalam konferensi pers di akun Youtube BNPB pada hari ini, Jumat (23/5/2020).

Baca Juga:  Disporaparbud Purwakarta: Ekonomi Kreatif Ciptakan Wirausaha Muda Handal

Menurut Nasaruddin, Pemerintah telah menetapkan protokol kesehatan untuk masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19. Maka warga bangsa dan umat Islam sudah sepatutnya mengikuti anjuran ulama dan umara (pemerintah).

Mencintai masjid, petinggi Masjid Istiqlal itu berpendapat, merupakan bagian yang membanggakan. Namun dalam kondisi saat ini ada hal darurat dan harus diingat, yaitu maraknya virus Corona. Ia mengisahkan Rasulullah SAW ketika di Madinah pernah meminta sahabatnya untuk tidak ke masjid karena hujan deras.

Baca Juga:  Satu Nakes Di Kabupaten Cirebon Meninggal Akibat Covid-19

“Tapi di luar kita hujan Corona. Hujan air saja Rasulullah minta sahabatnya salat di rumah, apalagi virus Corona yang mematikan,” ucap bekas Wakil Menteri Agama asal Ujung-Bone, Sulawesi selatan, tersebut.

Menurut Nasaruddin, Ramadan kali ini memang sangat spesial karena umat Islam menjalani ujian ganda. Ujian pertama adalah berpuasa menahan haus dan lapar, sedangkan ujian kedua adalah harus berada di rumah dan banyak protokol karena wabah Covid-19.

Baca Juga:  Simak, Ini 4 Aturan Baru Kapolri Soal Satpam

“Mudah-mudahan Allah memberikan berkah lebih berlipat ganda lagi karena ketaatan kita untuk mengikuti petunjuk-petunjuk yang selama ini kita jalani,” ujarnya. (Red)