Kominfo Prediksi Trafik Layanan Seluler Saat Lebaran Naik 40%

JABARNEWS | JAKARTA -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memprediksi kenaikan Trafik Layanan Seluler lebaran tahun ini jika dalam keadaan normal hanya 20-30%, akan tetapi layanan selular diperkirakan akan naik sekitar 30-40% saat Lebaran 2020.

“Ada beberapa upaya yang dilakukan dalam mempersiapkan jaringan telekomunikasi untuk mengantisipasi lonjakan trafik,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam konferensi pers online, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga:  PTM Digelar, Ini Pesan Dewan Pendidikan Kabupaten Purwakarta

Ia mengatakan adapun langkah yang diambil untuk menambah kapasitas pada BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan menyiapkan mobile BTS apabila diperlukan.

“Sampai saat ini, berdasarkan data yang disampaikan oleh operator, terdapat sekitar 178 mobile BTS yang dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada kondisi Darurat Covid-19, dari keseluruhan BTS secara Nasional sejumlah 479.125,” ujarnya.

Baca Juga:  Cara Aman Naik Angkutan Umum di Masa Pandemi Covid-19

Menjaga keberlangsungan jaringan telekomunikasi di titik-titik strategis pada kondisi PSBB yaitu di area pemukiman, jalan tol, puskemsas dan rumah sakit rujukan layanan COVID-19. Juga, melakukan monitoring jaringan telekomunikasi melalui Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu.

Baca Juga:  Bernilai Ekonomi Tinggi, Menteri LHK Minta Sampah Dikelola dengan Baik

“Menjelang hari Raya Idul Fitri Tahun 2020, mudik menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Namun, dalam kondisi seperti saat ini dalam rangka Idulfitri 1441 H Kementerian Kominfo mengampanyekan silaturahmi digital: Tidak Perlu Pulang Mudik, namun Silaturahmi Tetap Terjalin,” ujar Johnny (Red)