Bingung Akhir Pekan Mau Kemana? Yuk Sambangi Kampung Singkur

JABARNEWS | BANDUNG – Bandung adalah merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para pecinta alam, karena terkenal menawarkan banyak objek wisata alamnya. Sebut saja misalnya yang populer seperti Gunung Tangkuban Perahu dekat Terminal Wisata Grafika Cikole dan kemudian wisata Air Terjun Curug Malela.

Nah salah satu tempat wisata alam di bandung lainnya yang terkenal masih alami dan bersih juga udaranya sangat sejuk adalah Kampung Singkur Pangalengan. Kampung Singkur Bandung ini menawarkan sebuah kawasan wisata alam yang masih asri dengan nuansa perkampungan khas bumi parahyangan.

Kampung Singkur yang ada di kawasan hutan pinus Rahong. Oh ya, buat ke lokasi ini bisa bawa mobil pribadi atau touring dengan motor. Dari tempat wisata ini, bisa sekalian ke Situ Cileunca, Cibolang, atau beli oleh-oleh produk khas Pangalengan yang terbuat dari serba bahan susu (permen, kerupuk, dodol, dll).

Rute ke Kampung Singkur, Pangalengan

Tapi ada juga rombongan yang bawa bus. Buat yang rombongan naik bus harus dikonidisikan dengan pengelola karena akses jalannya terbilang sempit Harus diatur arus kendaraan yang dari dan ke Kampung Singkur biar gak tertahan karena terhalang badan bus. Jadi harus dikawal oleh tim khusus, yaitu tukang ojek yang ada di depan yang sudah kerjasama dengan pengelola Kampung Singkur.

Baca Juga:  Polres Majalengka Berlakukan Reward dan Punishment untuk Memotivasi

Lokasinya masih satu kawasan dengan Situ Cileunca. Jadi jika traveler yang ingin ke sini bisa dari jalur keluar tol Buah Batu atau GT tol Moh. Toha, ambil arah ke Dayeukolot – Baleendah – Banjaran – Pangalengan. Nah, bila sudah sampai di Pangalengan susuri jalan menuju Situ Cileunca.

Sebelum Situ Cileunca, ambil kanan ke arah kawasan hutan pinus Rahong dengan melewati kawasan perkebunan teh. Untuk pemandangan sepanjang perjalanan luar biasa banget. Kita bisa sesekali berhenti di pinggir jalan buat mengabadikan keindahan alam perkebunan teh yang sejuk berpadu dengan kabut.

Baca Juga:  Ratusan Warga Sutawinangun Laksanakan Shalat Idul Adha

Namun untuk akses jalan ke hutan pinus Rahong belum semuanya dicor, ada sebagaian yang garinjul alias masih belum mulus. Saat perjalanan biasanya akan berpapasan dengan mobil-mobil bak yang dimodifikasi jadi angkutan perahu karet dan wisatawan yang akan rafting (arung jeram).

Mobil tersebut wara-wiri dari Situ Cileunca ke hutan pinus Rahong. Memang, titik start arung jeram di Sungai Palayangan harus dari Situ Cileunca dan berakhir di Kampung Singkur. Adapun titik kumpul bisa di kedua tempat tersebut.

Sajian keindahan dan petulangan alam Kampung Singkur

Saat memasuki kawasan wisata Kampung Singkur, kita akan dimanjakan dengan keindahan alam nan sejuk. Perbukitan hutan pinus menghampar dengan di bawahnya membelah sungai tempat arung jeram dan river tubing. Untuk aliran sungainya tidak begitu deras alias tidak berbahaya karena alirannya diatur dari Situ Cileunca. Jadi, pengunjung pun selain bisa aktivitas rafting atau river tubing juga bisa kukucuprakan main air.

Baca Juga:  Kipas Angin Jadi Cepat Panas? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bagi yang suka kemping, di sini ada camping ground dengan fasilitas lengkap dari penyewaan tenda, kayu bakar, sampai hammock. Lokasi diatas perbukitan dengan view sungai di bawahnya. Sementara bagi yang ingin menginap, bisa menyewa villa pondok kayu yang menghadap ke aliran sungai. Pokonya, syahdu banget kalo mengindap di pondok kayu tersebut.

Harga tiket masuk dan nomor kontak pengelola wisata Kampung Singkur

Untuk tiket masuknya Rp10.000 (diluar parkir). Buat rafting biayanya Rp150.000 per orang. Buat nginap di pondok kayu Rp300.000/malam. Oh ya, menurut pengelola tempat wisata ini sekitar Januari 2020 sampai Maret 2020 akan ditutup sementara karena akan ada proyek pengembangan jalan yang menghubungkan Pangalengan dengan Gambung (Ciwidey).

Buat tanya-tanya seputar Kampung Singkur, bisa kontak ke nomor WhatsApp pengelola 0823-1961-4320 atau buka saja website https://kampungsingkur.com. (Red)