Siloam Hospitals Purwakarta Beri Kemudahan Layanan Di tengah Pandemi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebagai penyedia layanan kesehatan yang terus berkembang dan berinovasi dengan standar internasional, Siloam Hospitals Purwakarta memiliki komitmen yang tinggi dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Sadang-Cikampek ini telah memulai berbagai langkah untuk menghadapi pandemi Covid-19 saat ini, termasuk pengembangan berbagai protokol, penerapan clean and safe hospital, pelatihan staf, penyediaan PCR Swab Test dan Rapid test serta telah mempersiapkan ruangan khusus untuk perawatan pasien ODP, PDP dan Terkonfirmasi Covid-19 yang terpisah dari gedung utama rumah sakit.

Menurut, Direktur Siloam Hospitals Puwakarta, Irwan Gandana, ruang perawatan khusus bagi pasien Covid-19 di Siloam Hospitals Purwakarta terdiri dari 2 ruangan yaitu Ruang Anggrek dengan kapasitas 21 bed dan Ruang Anyelir dengan kapasitas 6 bed.

Baca Juga:  Penandatanganan MoU Dinkes Purwakarta dengan Kejaksaan Negeri, Ini Isinya

“Persiapan penanganan pandemi Covid-19 telah dilakukan dan terus dikembangkan Siloam Hospitals Purwakarta sejak informasi pasien pertama kali positif di Indonesia tepatnya awal Maret 2020 lalu,” kata Irwan, melalui aplikasi zoom meeting dengan awak media, Jumat (15/5/2020).

Dijelaskannya, penyelenggaraan Program Clean and Safe Hospital sebagai langkah pencegahan penyebaran Cocid-19 sehingga terwujud area rumah sakit yang bersih dan aman bagi pasien, pengunjung, tim medis dan semua orang yang terlibat di dalamnya.

Baca Juga:  Korban Kerusuhan Kanjuruhan Malang Sudah Dibawa Kerumah Duka

“Program clean ana safe hospital terdiri dari beberapa aktivitas, pertama mewajibkan pemeriksaan skrining Covid-19 bagi semua pengunjung/pasien, karyawan yang akan masuk rumah sakit,” ungkap Irwan

Ia menambahkan, pemisahan alur antara pasien dengan gejala Covid-19 dan pasien tidak dengan gejala Covid-19. Adanya ruang perawatan khusus bagi pasien ODP/PDP/Konfirmasi Covid-19 yang terpisah dari bangunan utama rumah sakit.

Lalu, sambungan dia, mewajibkan pemakaian masker bagi semua pengunjung/pasien, serta karyawan yang akan memasuki area rumah sakit. Serta lemakaian Alat Pelindung Diri (APD) untuk semua karyawan sesuai dengan lokasi kerja dan tingkat resikonya.

Baca Juga:  Komisi II DPR RI Sepakat Tak Lanjut Bahas RUU Pemilu, Ini Alasannya

Ditambahkan Irwan, Pihak rumah sakit juga melakukan sterilisasi setiap area dalam rumah sakit secara berkelanjutan dengan cairan desinfektan.

Saat menghadapi pandemi Covid-19 ini, pihaknya menyadari bahwa pengelolaan yang berfokus pada situasi Covid-19 saat ini sangat penting, namun juga memastikan bahwa layanan kesehatan untuk kasus penyakit lain tetap bisa berjalan dan terlayani dengan baik.

“Dengan demikian keamanan, keselamatan dan kenyamaanan bagi semua orang yang terlibat di area rumah sakit tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran Covid-19,” tutup Irwan. (Gin)